MISPRONOUNCING DALAM PENGUCAPAN MONOPTHONG OLEH SISWA BASIC ENGLISH STATION (BEST)

Nur Lailatul Zahroh, Muhammad Saibani Wiyanto

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengungkap apakah siswa dari BEST mengucapkan kata-kata monophthong dengan benar atau tidak dan alasan mengapa mereka salah pengucapan. Monophthong adalah salah satu jenis suara vokal yang sering ditemukan dalam bahasa Inggris dan biasanya juga digunakan dalam komunikasi. Ini adalah suara tunggal dalam satu suku kata. Objek penelitian ini adalah siswa-siswi Basic English Station atau yang lebih dikenal dengan BEST. Kursus Bahasa Inggris yang berlokasi di Jombang, Jawa Timur ini difokuskan pada keterampilan berbicara siswa yang diajarkan dari dasar hingga menguasainya. Namun peneliti hanya memilih siswa tahap terakhir yaitu tingkat mahir / TC karena peneliti menganggap mereka lebih lama belajar bahasa Inggris, secara teoritis kemampuannya dianggap lebih baik. Artikel ini menggunakan metode studi kasus untuk menjawab permasalahan yang diangkat oleh peneliti. Selain itu, metode ini sangat cocok untuk penelitian ini. Metode studi kasus mengkaji suatu kasus atau fenomena tertentu yang ada dalam masyarakat dilakukan secara mendalam untuk mempelajari latar belakang, keadaan, dan interaksi yang terjadi. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, dapat disimpulkan bahwa kata instead dan cost adalah kata yang paling salah diucapkan. Salah pengucapan pada kata justru disebabkan oleh kebiasaan pengucapan yang salah yaitu / ɪn'stɪd /, adapun kata cost siswa tidak membacanya lagi. Adapun pertanyaan kedua, tentang apa yang menyebabkan mereka salah melafalkan kata-kata monophthong, hal ini karena mereka malas mempelajari pengucapannya, termasuk monophthong. Temuan ini diperkuat dengan kuesioner yang dijawab oleh tutor mereka menggunakan metode member check untuk memvalidasi temuan.

Keywords


Mispronunciation, Monophthong

Full Text:

PDF

References


. Ahmadi, M. R. (2011). Why is Pronunciation so Difficult to Learn? Malaysia: Universiti Sains Malaysia.

. AMEP. (2002). What is Pronunciation? Adult Migrant English Program Research Centre.

. Birt et al. (2016). Member Checking: A Tool to Enhance Trustworthiness or Merely a Nod to Validation? London: Cambridge University Library.

. Carter, Nancy. (2014). The Use of Triangulation in Qualitative Research. Oncology Nursing Forum • Vol. 41, No. 5, September 2014.

. Creswell, John. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. University Of Nebraska, Lincoln.

. Crystal, David. (2008). A Dictionary of Linguistics and Phonetics: 6th Edition. Blackwell Publishing.

. Deterding, David. (2003). An Instrumental Study of the Monophthong Vowels of Singapore English. University Brunei Darussalam.

. Dictionary.com. Pronunciation. https://www.dictionary.com/browse/acceptability, retrieved on the 22nd of September, 2019.

. Farlex. Tricky Vowel Sounds (Monophthongs, Diphthongs, and Triphthongs, retrieved on the 8th of October, 2019. https://www.thefreedictionary. com/Tricky-Vowel-Sounds-(Monophthongs-Diphthongs-and-Triphthongs)

. Mustikareni, Dyah. (2013). Error Analysis on English Diphthongs Pronounced By The Students of SMA Negeri 1 Comal And SMA Negeri 1 Banjarnegara in English Debate on "Relax" TV Program of TVRI. Universitas Negeri Semarang.

. Pillai, Stefanie. (2012). An Instrumental Analysis of English Monophthongs Produced by Thai EFL Learners. Pertanika Journal of Social Science and

. Sumbayak, D. M. (2009). The Diphthongs: The Obstacles for Indonesian Speakers of English. Jurnal Lingua Cultura Vol. 3 No. 2 November 2009: 107-115).

. Suryatiningsih, Ninik. (2015). A Study on the Students’ Ability in Pronouncing Diphthongs at STKIP PGRI Pasuruan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 2 Juli 2015.

. Tedpower. British English vowel sounds - the twelve monophthongs. http://www.tedpower.co.uk/esl0104b.html#vowel06, retrieved on the 29th of September, 2019.

. Wiyanto. M. S & Asmorobangun, P. W. (2020). Gender Differences of Students’ Ability in Writing Descriptive Text. JOLLT Journal of Languages and Language Teaching , 153-161

. Yoshida, M. T. (2000). Understanding and Teaching the pronunciation of English. University of California.

. Yule, George. (2010). The study of Language 4th Edition. Cambridge University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.