ANALISIS PERCEPATAN PENGURANGAN KEMISKINAN DI SEKTOR PERTANIAN (Studi Kasus Komoditas Padi di Kabupaten Malang)

Muhamad Imam Syairozi, An’im Fattach

Abstract


Pada umumnya negara berkembang memiliki angka kemiskinan pada masyarakat desa yang bekerja sebagai petani, begitu pula yang terjadi di Indonesia. Terdapat 56 % penduduk miskin di Indonesia bekerja di sektor pertanian yang menunjukkan belum berhasilnya pemerintah dalam mencangkan program revitalisasi pertanian guna mengurangi kemiskinan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan identifkasi faktor yang menghambat implementasi kebijakan pengurangan kemiskina  dan menyusun strategi dalam rangka pengurangan kemiskinan di Kabupaten Malang pada sektor pertanian. Analisis klaster menunjukkan hasil bahwa terdapat beberapa faktor yang menghambat percepatan pengurangan kemiskinan antara lain irigasi, produktivitas lahan yang rendah, biaya produksi yang tinggi dan akses pasar yang kurang. Adapun strategi yang dilakukan untuk mempercepat pengurangan kemiskinan di Kabupaten Malang antara lain : meningkatkan alokasi anggaran untuk membangunan fasilitas irigasi, penguatan dan pemberdayaan kelembagaan petani, pembuatan teknologi baru, penyediaan pupuk dan bibit padi melalui penguatan kelompok tani

Keywords


Analisis Klaster, Pertanian, Pengurangan Kemiskinan

Full Text:

PDF

References


Akhmad, S. (2007). Membangun gerakan ekonomi kolektif dalam pertanian berkelanjutan; perlawanan terhadap liberalisasi dan oligopoli pasar produk pertanian. Tegalan Diterbitkan oleh BABAD. Purwokerto. Jawa Tengah

Anugrah, I. S., & Suryani, E. (2007, December). Pembangunan Pertanian dan Perdesaan Dalam Perspektif Kemiskinan Berkelanjutan. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, disampaikan pada seminar tanggal 4 Desember.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang. 2014. Kabupaten Malang Dalam Angka Tahun 2014. http://malangkab.bps.jatim.go.id diakses pada 2 Maret 2020.

----------. 2019. Penduduk Miskin Jawa Timur dan Kabupaten Malang 2008 - 2012. http://malangkab.bps.jatim.go.id diakses pada 2 Maret 2020.

----------. 2019. Pertumbuhan Sektor Pertanian Kabupaten Malang 2015 - 2019. http://malangkab.bps.jatim.go.id diakses pada 2 Maret 2020.

----------. 2019. Produksi Padi Kabupaten Malang 2008 - 2012. http://malangkab.bps.jatim.go.id diakses pada 2 Maret 2020.

----------. 2019. Pengangguran dan Kemiskinan di Kabupaten atau Kota 2019.

http://bps.jatim.go.id diakses pada 2 Maret 2020.

----------. 2014. Luas Mutasi Baku Sawah per Unit Pelaksana Teknis Daerah, 2013 (Ha). http://bps.jatim.go.id diakses pada 2 Maret 2020.

Dimyati, A. (2007). Modernisasi Sentra Produksi Jeruk di Indonesia. Laboratorium Data, Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika. Tlekung-Batu, Jawa Timur.

Dorward, A. (2001). The effects of transaction costs, power and risk on contractual arrangements: a conceptual framework for quantitative analysis. Journal of Agricultural Economics, 52(2), 59-73.

Syairozi, M. I. (2011). Analisis peranan sektor pertanian terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) di kabupaten Malang (periode 2000-2008) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Syairozi, M. I. PERCEPATAN PENGURANGAN KEMISKINAN SEKTOR PERTANIAN DI KABUPATEN MALANG.

Syairozi, M. (2015). Pengaruh Faktor Eksternal (Inflasi, Bunga) Dan Faktor Internal (Bagi Hasil, Jumlah Bank) Terhadap Deposito Mudharabah Pada Perbankan Syariah Di Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Salvatore, Dominick. 1996. Teori Mikro Ekonomi, Edisi Ketiga. Jakarta : Erlangga Simanjuntak,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.