PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KUDU BANJAR MELALUI PENGOLAHAN LIMBAH PELEPAH PISANG

. Rukminingsih, Adi Arianto, Ima Z. D. Syafitri

Abstract


Desa Kudubanjar merupakan salah satu desa yang memiliki beberapa permasalahan. Salah satu permasalahan yang di hadapi masyarakat yaitu tersedianya limbah pelepah pisang yang melimpah, namun kurang efektif dalam pemanfaatannya. Pelepah pisang banyak dijumpai di wilayah pedesaan terutama di desa Kudubanjar, namun kurang adanya pengolahan dalam pemanfaatannya. Banyaknya limbah pelepah pisang yang tidak diolah perlu adanya cara untuk mengoptimalkan keberadaannya agar lebih bermanfaat. Adanya pemberdayaan masyarakat diharapkan dapat memberikan informasi bahwa limbah pelepah pisang yang awalnya tidak dimanfaatkan, dapat diolah menjadi produk bernilai jual seperti kerajinan. Dengan melalui metode pelaksanaan terdiri dari 2 tahap yaitu 1) tahap persiapan 2) tahap pelaksanaan. Tujuan diadakan pemberdayaan masyarakat Desa Kudubanjar yaitu agar masyarakat mampu menciptakan suatu produk dari limbah pelepah pisang sehingga dapat meningkatkan pendapatan melalui penjualan kerajinan yang dihasilkan, selain itu harapannya Desa Kudubanjar dapat menjadi sentra penghasil kerajinan dari pelepah pisang yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Keywords


Kondisi Desa, Pelepah Pisang, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Putri, Tatik Novia. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Limbah Alam di Dusun Tanjung Rejo Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Zahiroh, Najma. 2018. Pendampingan Kaum Ibu Melalui Pengolahan Batang Pisang di Desa Meluwur Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Surabaya: Universitas Islam Negeri Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.