PROFIL KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT

Abdur Rochim

Abstract


Komunikasi matematis merupakan suatu proses penyampaian informasi atau pemikiran menggunkan simbol matematis baik secara lisan maupun tulis. Komunikas matematis ini sangat menunjang siswa dalam menyelesaikan masalah program linear. Langkah penyelesaian masalah ini berdasarkan tahapan Krulik dan Rudnick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Profil komunikasi matematis siswa berkepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan masalah (2) Profil komunikasi matematis siswa berkepribadian Introvert dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunkan subjek penelitian kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Baron berjumlah dua siswa. Pemilihan subjek penelitian  berdasarkan pada tipe berkepribadian ekstrovert dan Introvert. Teknik pengumpulan data  dalam penelitian ini menggunkan teknik tes komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah (TKMMM) dan wawancara. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa Subjek Ekstrovert dalam dalam menyelesaikan masalah adalah dengan  membaca terlebih dahulu masalah sampai paham. Subjek menuliskan dan menjelaskan dengan benar apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, model matematika, strategi penyelesaian dialanjutkan dengan proses reduksi dan deduksi juga dengan benar. Dalam melakukan reduksi, subjek melewatkan menulis perhitungan aljabar. Subjek menuliskan simpulan dari masalah program linear yang diberikan dengan benar. Sedangkan subjek Introvert dalam dalam menyelesaikan masalah adalah dengan membaca masalah dan memahaminya. Subjek menuliskan dan menjelaskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, model matematika, strategi penyelesaian dengan menggambar grafik yang dilanjutkan dengan proses reduksi dan deduksi dengan benar dan lengkap. Subjek menulis perhitungan aljabar dengan dengan benar dan cermat. Subjek menuliskan simpulan dari masalah program linear yang diberikan dengan benar dan penuh keyakinan.

Keywords


Ekstrovert dan Introvert, Komunikasi Matematis, Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Ansari, B.I. (2018). Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Penerbit PeNA.

Siswono, T.Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah fokus pada Pola Berpikir Kritis dan kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Solso, R.L., et al. (2019). Psikologi Kognitif. Edisi Kedelapan (diterjemahkan oleh Rahardanto, M. & Batuadji, K.). Jakarta: Erlangga.

Mairing, J.P. (2018). Pemecahan Masalah Matematika Cara Siswa Memperoleh Jalan Untuk Berpikir Kreatif dan Sikap Positif. Bandung: Alfabeta

Ma’rufi. (2015). Pengajuan dan Pemecahan Maslah Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Rochim, Herawati & Nurwiani. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269-280.

Putri, W.A. & Masriyah. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 392-401.

Juliansa,M.F., Kartinah & Purwosetiyono, F.D. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 133-137.

Siska, M., Marzal, J., & Effendi, M.H.(2020). Profil Kemampuan Komunikasi Dan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian Extrovert Dan Introvert. δELTA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 173-180.

Qomariyah, N. 2016. Profil Pemahaman Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Perbedaan Kepribadian Extrovert Dan Introvert. Jurnal Apotema, 2(1), 87-95.

Halima, N., Trapsilasiwi, D. & Oktavianingtyas, E. (2020). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Ditinjau Dari Kepribadian Extrovert Dan Introvert. Kadikma, 11(3), 1-10.

Hendriana, H., Rohaeti,E.E. & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Permatasari, D. & Setianingsih, R. (2021). Profil Komunikasi Matematika Tulis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kepribadian Extrovert dan Introvert. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 1-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.