ANALISIS PEMECAHAN MASALAH OPEN ENDED BERDASARKAN GAYA KOGNITIF REFLEKTIF SISWA

Wiwik Ekawati, Wiwin Sri Hidayati, Jauhara Dian Nurul Iffah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif  untuk mendeskripsikan: (1) proses pemecahan masalah open ended berdasarkan gaya kognitif reflektif siswa dengan kategori benar maksimal dengan waktu paling lama (SR1). (2) proses pemecahan masalah open ended berdasarkan gaya kognitif reflektif siswa kategori benar minimal dengan waktu paling lama (SR2). Subjek penelitian adalah siswi MTsN kelas VIII sebanyak 2 orang. Pemilihan subjek berdasarkan hasil tes  MFFT dengan hasil yang sesuai kategori gaya kognitif reflektif. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan pemecahan masalah open-ended oleh subjek penelitian dengan cara tertulis dan hasil wawancara subjek berdasarkan indikator objek kajian matematika. Data yang diperoleh selanjutnya ditriangulasi melalui pemberian masalah baru yang setara untuk dipecahkan pada waktu yang berbeda. Penelitian ini menghasilkan deskripsi proses pemecahan masalah open ended siswa bergaya kognitif reflektif. SR1 menyimbolkan variabel, membuat model matematika, dan menuliskan yang ditanya pada masalah open ended sesuai dengan indikator fakta. Selain itu pada indikator konsep subjek membedakan antara persamaan dan pertidaksamaan. Pada indikator operasi, subjek juga memberikan gambaran secara detail bagaimana mengoperasikan tentang cara eliminasi, subtitusi dan campuran yang digunakan dalam menyelesaikan masalah. Pada indikator prinsip subjek menggunakan cara eliminasi, subtitusi dan campuran untuk menyelesaikan masalah tersebut. SR2 pada indikator fakta, menyimbolkan variabel, membuat model matematika, dan menuliskan yang ditanya pada masalah open ended. Pada indikator konsep, subjek membedakan jenis suatu masalah apakah persamaan atau pertidaksamaan. Subjek juga memberikan gambaran secara detail pada indikator operasi tentang bagaimana mengoperasikan eleminasi, subtitusi dan campuran untuk menyelesaikan masalah open ended. Pada indikator prinsip subjek menggunakan cara  dalam menyelesaikan soal open ended.

Keywords


Masalah Open Ended, Gaya Kognitif Reflektif, Objek Kajian Matematika

Full Text:

PDF

References


Rahmatina, S., Sumarmo, U., & Johar, R. 2014. Tingkat berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Didaktik Matematika, Vol 1. Ed 1.

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. 2018. Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol 2, Ed 2, 115-123.

Rahim, U., Anggo, M., Sudia, M., & Saleh, S. 2019. Metakognisi Siswa yang Bargaya Kognitif Implusif dan yang Bergaya Kognitif Reflektif dalam Memecahkan Masalah Open-Ended. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), Vol 3, Ed 2.

Sudia, M. 2013. Profil Metakognisi Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif-Reflektif dalam Memecahkan Masalah Terbuka Materi Geometri Bangun Datar ditinjau dari Perbedaan Gender. (Disertasi) tidak dipublikasikan, PPS-Unesa, Surabaya.

Azhar, A. 2015. Profil Penalaran matematis Siswa SMA yang Bergaya Kognitif Impulsif dan yang Bergaya Kognitif Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender, (Tesis), Kendari, PPS-UHO

Utomo, V. O. Y., Trapsilasiwi, D., & Oktavianingtyas, E. 2017. Kemampuan Representasi Matematis Siswa Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended. KadikmA, Vol 8, Ed 2, 125-134.

Aprillia, N. C., Sunardi, S., & Trapsilasiwi, D. 2017. Proses Berpikir Siswa Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Di Kelas VII SMPN 11 Jember. Jurnal Edukasi, Vol 2, Ed 3, 31-37.

Warsita, B. 2018. Teori Belajar Robert M. Gagne dan Implikasinya pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal teknodik, Vol 12, Ed 1, 064-078.

Hayuningrat, S., & Listiawan, T. 2018. Proses Berpikir Siswa dengan Gaya Kognitif Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika Generalisasi Pola. Jurnal Elemen, Vol 4, Ed 2, 183-196.

Yunianti, M. R. 2017. Pola pikir siswa dalam menyelesaikan persoalan Hukum Newton berdasarkan gaya belajar dan gaya kognitifnya.

Rochika, N. D., & Cintamulya, I. 2017. Analisis Berpikir Kritis Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada Pelajaran Biologi melalui Model Means Ends Analysis (MEA) Menggunakan Media Visual. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning Vol. 14, 562-566).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.