PROFIL NUMBER SENSE SISWA ALIYAH DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Ira Purwandari, Wiwin Sri Hidayati, Abd. Rozak

Abstract


Number sense memberikan peran yang besar dan kompleks bagi seseorang dalam  memecahkan masalah yang dihadapi. Seseorang dikatakan baik dalam memecahkan masalah number sense apabila dapat menggunakan representasi bilangan yang fleksibel dan tidak bergantung pada algoritma biasa. Komponen number sense dalam penelitian ini dikaitkan dengan tahapan pemecahan masalah Lester. Tujuan penelitian kualitatif ini mendiskripsikan profil number sense siswa Aliyah dalam memecahkan masalah berdasarkan kemampuan matematika. Data dianalisis dari tes tertulis masalah number sense dan hasil wawancara setelah subyek memecahkan masalah number sense. Data yang diperoleh ditriangulasi dengan memberikan masalah baru yang setara untuk dipecahkan pada waktu yang berbeda. Subyek adalah siswa MAN 4 Jombang kelas XII. Penelitian diperoleh dari nilai PAT dan kriteria subyek. Data yang sudah diperoleh dinalisis sesuai dengan teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan subyek kemampuan tinggi memiliki kemampuan understanding number magnitude, mental computation, computational estimation dan judging reasonableness of results dalam memecahkan masalah. Subyek kemampuan sedang dan rendah memiliki kemampuan understanding number magnitude dalam memecahkan masalah yaitu tahu jenis masalah yang diterima, menyebutkan unsur-unsur barisan dan deret aritmatika dan dapat membedakannya. Pada kemampuan mental computation dalam memecahkan masalah subyek kemampuan sedang dan rendah :menghitung tanpa menggunakan alat bantu hitung, menggunakan rumus barisan dan deret aritmatika, menghitung tanpa terikat dengan algoritma biasanya. Pada kemampuan computational estimation dalam memecahkan masalah baik subyek kemampuan sedang dan rendah menentukan langkah-langkah dalam memecahkan masalah. Pada kemampuan judging reasonableness of results dalam memecahkan masalah baik subyek kemampuan sedang dan rendah menghasilkan jawaban yang masuk akal dan sesuai dengan masalah yang diberikan.

Keywords


Number Sense, Pemecahan masalah Laster

Full Text:

PDF

References


Nursyahidah, F., Ilma, R. I. P., Somakim (2013). Supporting First Grade Students’ Understanding of Addition up to 20 Using Traditional Game. Journal on Mathematics Education (IndoMSJME), July 2013, Volume 4. No. 2, 212-223.

Syaban, M, 2010 (http://educare.e-fkipunla.net/index2.php?option=com).

As’ari, A R, 2008. Number Sense: Mengapa Penting bagi Anak [Internet]. vailablefrom:http://idepembelajaranmatematika.blogspot.com/2008/11/number-sense-mengapa- penting-bagi-anak.html, diakses 18 oktober 2020.

NCTM, 2000. Principles and Standards for School Mathematics, USA: The National Council of Teacher Mathematics inc.

Lester, S. J. (1978). Adaptive processing of seismic data. In Applied Time Series Analysis I (pp. 225-244). Academic Press.

Saleh, Andri, 2009. Number Sense: Belajar Matematika Selezat Cokelat. Jakarta: TransMedia Pustaka.

Pilmer, C. David. Number sense. Canada: Nova scotia school for adult learning. Department of labour and workforce development, 2008.

Miles, M.B. & Huberman, A M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia.

As’ari, A R, 2008. Number Sense: Mengapa Penting bagi Anak [Internet]. vailablefrom:http://idepembelajaranmatematika.blogspot.com/2008/11/number-sense-mengapa- penting-bagi-anak.html, diakses 18 oktober 2020.

Reys, Robert E, dan Bestgen, Barbara J.” Teaching and Assesing Computational Estimation Skills”, The Elementary School Journal. Vol.82 No.2, 1981. 116-127. 198


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.