DERIVATIONAL AFFIXATION ON THE STUDENT’S RECOUNT TEXT

Ainur Rochmah, Wardhani Dwi Wihastyanang

Abstract


Bahasa penting dalam kehidupan, terutama untuk brkomunikasi. Berbicara tentang bahas maka kita akan terarah pada pembahasan linguistic, seperti morphology. Dalam morphology terdapat afiks derivasi dan afiks infleksi. Penelitian ini berfokus pada analisa afiks derivasi yang tertuang pada tugas menulis siswa untuk menemukan tipe-tipe afiks derivasi yang digunakan siswa dan bagaimanakan proses afiks derivasi yang terjadi didalamnya. Derivasi adalah kemampuan untuk menciptakan kata baru, hal ini penting untuk menjadi pengguna Bahasa Inggris yang kompeten. Peneliti tertarik untuk menganalisa deriasi pada kemampuan menulis yang didalamnya seharusnya menguasai kemampuan Bahasa inggris lainnya, seperti kosakata. Peneliti tertarik pada hasil tulisan siswa apakah didalamnya terdapat derivasi meskipun mereka belum mempelajari materi tersebut secara formal. Jadi, objek penelitian ini yaitu tugas menulis siswa kelas XII-Bahasa di MAN 2 Jombang yang dikumpulkan melalui instruksi pembuatan teks recount melalui google formulir. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dalam kualitatif design. Hasil dari penelitian ini dianalisa menggunakan theory dari Katamba (2006) dan Booij (2007) yang kemudian menunjukkan bahwa peneliti menemukan dua tipe afiks derivasi yang tertuang, yaitu prefiks dan suffiks. Penelitian ini mendukung teori Katamba (2006) mengatakan bahwa infiks jarang digunakan dalam Bahasa Inggris. Kemudian tipe-tipe derivasi tersebut dikatergorikan kedalam proses pembuatan kata baru. Prefiks yang ditemukan terdiri dari dua jenis proses afiks derivasi yaitu derivasi kata benda dan derivasi kata sifat. Kemudian, semua jenis proses derivasi ditemukan dalam sufiks derivasi kata benda, derivasi kata kerja, derivasi kata sifat, dan derivasi kata keterangan. Dapat disimpulkan bahwa banyak tipe derivasi yang ada didalam tulisan siswa.

Keywords


Afiks Derivasi, Tugas menulis, teks recount

Full Text:

PDF

References


Katamba, F. and Stonham, J. (2006). Morphology, 2nd edition. England: Palgrave.

Naseeb, M.Z. & Ibrahim, M.A. (2017). English Language Teaching. 10(12), 172-181

Booij, G. (2006). Inflection and Derivation. In: Keith Brown, (Editor-in-Chief). Encyclopedia of Language & Linguistic, Second Edition, volume 5, pp. 654-661. Oxford: Elsevier.

Creswell, John W. and Creswell, J. David. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. 5th Edition. Los Angeles: SAGE Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.