PENGARUH STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL-ASY’ARIYAH

Anidiya Agustina, Ririn Febriyanti

Abstract


Proses pendidikan yang terencana ini diarahkan untuk mewujudkan suasana  belajar dan proses pembelajaran, hal ini berarti pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dapat menciptakan sauasana belajar yang menyenangkan. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran aktif Giving Question and Getting Answer (GQGA). Pada dasarnya strategi ini dikembangkan untuk melatih siswa memiliki kemampuan dan ketrampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh strategi pembelajaran aktif Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII  MTs Al-Asy’ariyah. Penelitian ini merupakan penelitian True-eksperimental Design dengan design, Posttest-Only Control Design. Populasinya adalah siswa kelas VIII MTs Al-Asy’ariyah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Peneliti ini menggunakan dua kelompok sampel, sampel pertama siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen, dan sampel kedua siswa kelas VIII-B sebagai  kelas kontrol. Metode pngumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar matematika yang berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis statistik  dengan uji-t menggunakan program SPSS for windows versi 20. Hasil uji-t diperoleh nilai  dimana . Hal tersebut berarti bahwa nilai  , sehingga  ditolak dengan kata lain   diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran aktif  Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII  MTs Al-Asy’ariyah.


Keywords


Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Aktif Giving Question and Getting Answer (GQGA)

Full Text:

PDF

References


Hasbulloh. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Irawan, M.A., 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Giving Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Bandar Lampung. Lampung : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Raden Intan.

Zaini, H. dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.