ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI POKOK PECAHAN BERDASARKAN JENIS KELAMIN

Aprillia Dwi Arny Nur Laili, Oemi Noer Qomariyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam memecahkan masalah materi pecahan berdasarkan jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-H MTsN 5 Jombang sebanyak 2 siswa berdasarkan jenis kelamin, yaitu satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen utama yaitu peneliti itu sendiri dan instrumen pendukung yaitu tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan subjek yang berjenis kelamin laki-laki dalam memecahkan masalah materi pecahan yaitu pada tahap memahami masalah, subjek menuliskan dan mengungkapkan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal. Pada tahap merencanakan penyelesaian, subjek menjelaskan langkah-langkah yang akan digunakan dalam menyelesaikan masalah. Pada tahap menyelesaikan masalah, subjek menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Pada tahap memeriksa kembali, subjek memeriksa kembali hasil yang telah diperolehnya dengan melakukan perhitungan berulang-ulang. 2) Kemampuan subjek yang berjenis kelamin perempuan dalam memecahkan masalah materi pecahan yaitu pada tahap memahami masalah, subjek menuliskan dan mengungkapkan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal. Pada tahap merencanakan penyelesaian, subjek menjelaskan langkah-langkah yang akan digunakan dalam menyelesaikan masalah. Pada tahap menyelesaikan masalah, subjek menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana yang telah dibuat akan tetapi terdapat kesalahan pada saat perhitungan sehingga hasil yang diperoleh kurang tepat. Pada tahap memeriksa kembali, subjek memeriksa kembali hasil yang telah diperolehnya dengan melakukan perhitungan berulang-ulang.

Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah, Jenis Kelamin, Materi Pecahan

Full Text:

PDF

References


Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Melisa. (2020). Siapa Bilang Mengajar Matematika Sulit. Indonesia: Guepedia The First On-Publisher In Indonesia.

Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas. (Online).(https://www.academia.edu/19822754/Permendiknas_no_22_tahun_2006_standar_isi). Diunduh tanggal 3 Oktober 2020 Pukul 9:30

Sukirman, dkk. (2007). Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susanto, Hery A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Yogyakarta: Deepublish.

Yulita, Erna. 2015. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah KPK dan FPB Siswa Kelas V Berdasarkan Kemampuan Matematika di SDN Krembangan II Jombang. Jombang: Skripsi STKIP PGRI Jombang.

Abidin, Z. (2015). Intuisi dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendikia.

Wardani, Asizah K. dan Kurniawan L. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Sidoarjo: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. (Online). ISSN: 2337-8166. (http://lppm.stkippgri-sidoarjo.ac.id/files/Kemampuan-Pemecahan-Masalah-Berdasarkan-Perbedaan-Jenis-Kelamin.pdf) Diunduh tanggal 26 Oktober 2020 Pukul 18:48.

Ningtyas, Dwi R. A. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jombang: Skripsi STKIP PGRI Jombang.

Ekawati, A dan Wulandari S. (2011). Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Sekolah Dasar). Universitas Borneo Tarakan. (Online). Vol. 3 No. 1. (https://dokumen.tips/download/link/vol3-no1-pebruari-2011-03-aminah-ekawati-dan-shinta-wulandari). Diunduh tanggal 26 Maret 2021 Pukul 8:35.

Asmaningtias, Yeni Tri. (2009). Kemampuan Matematika Laki-Laki dan Perempuan. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Online). Vol 1. No 2. (http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/1840). Diunduh tanggal 28 Juli 2021 Pukul 18:35.

Miles, Mattew B., and A. Michael Huberman. (2005). Qualitative Data Analisis . (Terjemahan). Jakarta. UI Press.

Suhaeni, Tandiayuk, M. B dan Rizal M. (2016). Analisis Pemecahan Masalah Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Sisten Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP Negeri 12 Palu Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online). Vol. 5 No. 1. (docobook.com_analisis-pemecahan-masalah-siswa-berkemampuan.pdf) diunduh tanggal 15 Agustus 2021 Pukul 09.00.

Kalsum, U. Hasbi, M. dan Ismamiuza, D. (2016). Profil Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Berkemampuan Tinggi SMA Al-Azhar Kelas X Palu Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. (Online). Vol. 4 No. 1. (Downloads/7278-24256-1-PB.pdf) diunduh tanggal 15 Agustus 2021 Pukul 08.15


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.