ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI JOHN DEWEY

. Masfufah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan kemampuan siswa laki-laki dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan teori John Dewey (2) Mendiskripsikan kemampuan siswa perempuan dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan teori John Dewey. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Ulum Bandung pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. subyek dalam penelitian ini adalah Subjek adalah siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII yang sudah  menempuh materi persamaan linier dua variable.metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara.instrumen dalam peneliatian ini dibagi dua yaitu instrument utama dan instrument pendukung.instrumen utama adalah peneliti sendiri sedangkan instrument pendukung adalah lembar tes penyelesaian masalah dan pedoman wawancara.keabsahan data menggunakan triangulasi waktu.teknik analisis  data menggunakan reduksi data,penyajian data dan simpulan data.dari hasil penelitian diperoleh (1) Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa  pada Subjek laki-laki adalah Subyek 1 mengidentitifikasi  apa yang diketahui secara lengkap dan terurut, yang ditanyakan dari soal secara tepat, Subyek 1 bisa menyelesaikan permasalahan dan menyebutkan langkah-langkah penyelesaian masalah secara lengkap, Subyek 1 bisa menyelesaikan permasalahan sesuai dengan apa yang direncanakan, Subyek 1 bisa menyimpulkan hasil masalahnya dengan baik (2) Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa  pada Subjek perempuan adalah Subyek 2 mengidentitifikasi  apa yang diketahui secara lengkap dan terurut, yang ditanyakan dari soal secara tepat, Subyek 2 bisa menyelesaikan permasalahan dan menyebutkan langkah-langkah penyelesaian masalah secara lengkap dan menyelesaikan maslah dengan baik, Subyek 2 bisa menyelesaikan permasalahan sesuai dengan apaang direncanakan dan terurut, Subyek 2 bisa menyimpulkan hasil masalahnya dengan baik dan benar.


Keywords


Penyelesaian Masalah, Teori John Dewey

Full Text:

PDF

References


Sugiyono ,( 2015).Metode Penelitian.Bandung.Alfabeta.

John De Santo. (2002). Pengalaman dan Pendidikan.Yogyakarta..Yayasan adikarya Ikapi dan Ford Foundation.

Rochim, Herawati & Nurwiani. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269-280.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.