ANALISIS TRIARKI INTELEGENSI MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH

Nandita Ayunengdyah

Abstract


Intelegensi merupakan kemampuan seseorang dalam memahami lingkungan dan memecahkan masalah. Sebagai calon guru matematika maka mahasiswa harus mempunyai intelegensi yang tinggi, karena calon guru matematika harus mampu mengusai pemecahan masalah matematika, oleh karena itu mahasiswa calon guru matematika penting untuk memiliki ketiga aspek triarki intelegensi yaitu analitik, kretatif, dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan triarki intelegensi mahasiswa dalam memecahkan masalah. Penulis menggunakan teori Triarki Intelgensi dan juga teori pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Sternberg sebagai dasar untuk menganalisis data. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu orang mahasiswa S1 Pendidikan Matematika yang memiliki IPK tertinggi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan lembar tes pemecahan masalah materi induksi matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode tes, dan dokumentasi. Teknik kebsahan data pada penelitian ini menggunakan trianggulasi waktu. Data yang diperoleh dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki IPK tertinggi memiliki tiga aspek triarki intelegensi yaitu analitik, kreatif, dan praktis.

Keywords


Triarki Intelegensi, Induksi Matematika, Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Chairani, Z. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matemaika. Yogyakarta: Deepublish.

Dewey, J. (1910). How We Think. United States of America: The Library of Alexandria.

Hidayat, T., Susilaningsih, E., Kurniawan, C. (2018). The Effectiveness of Enrichment Test Instrument Design to Measure Students' Creative Thinking Skills and Problem-Solving. Elsevier, 29(2018), 161-169. doi: 10.1016/j.tsc.2018.02.011.

Krulik, S., Rudnick, J. A. (1996). The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Junior High School. Boston: Allyn and Bacon.

Mu’min, S. A. (2014). Variasi Individual dalam Pembelajaran, Jurnal Al-Ta’dib, 7(1), 68-83.

Patmalasari, D., Septi, D., Afifah, N., & Resbiantoro, G. (2017). Karakteristik Tingkat Kreativitas Siswa yang Memiliki Disposisi Matematis Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 30–38.

Phonapichat, P., Wongwanich, S., Sujiva, S. (2014). An Analysis Of Elementary School Students' Difficulties In Mathematical Problem Solving. International Journal of Social and Behavioral Sciences, 116(2014), 3169-3174. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.728

Polya, G. (1957). How To Solve It. New York: Doubleday.

Putri, R. A. (2016). Problematika dalam Pembuktian Pernyataan Menggunakan Prinsip Induksi Matematika serta Alternatif Penyelesaiannya. Seminar Nasional Matematka Dan Pendidikan Matematika, 913–920.

Sternberg, R. J. (1985). Beyond IQ: A Triarchic Theory of Human Intelligence. Cambridge: Cambridge University Press.

Sternberg, R. J. (1994). Thinking and Problem Solving. New York: Academic Press.

Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Analisis Newman. Union, 5(3), 295-302.

Triyanto, B. (2015). Hitung Sendiri IQ Anda. Jakarta: Bentang Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.