FRASA NOMINA KOORDINATIF PADA VIDEO CHANNEL YOUTUBE BERJUDUL MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA (JENIS-JENIS PANTUN)

Nia Dwi Kusmawati, Heny Sulistyowati

Abstract


Penelian ini berjudul Frasa Nomina Koordinatif Pada Video Channel Youtube Berjudul Media Pembelajaran Sastra (Jenis-Jenis Pantun). Peneliti hanya membatasi satu rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bentuk frasa nomina koordinatif. Latar belakang dari penelitian ini yaitu ditemukannya frasa nomina pada transkrip video di channel youtube berjudul media pembelajaran sastra (jenis-jenis pantun). Frasa yang digunakan oleh peneliti dalam transkrip video youtube berjudul media pembelajaran sastra (jenis-jenis pantun) adalah frasa nomina koordinatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk frasa nomina koordinatif pada video channel youtube berjudul media pembelajaran sastra (jenis-jenis pantun). Frasa nomina adalah frasa yang terbentuk dari dua kata atau lebih yang unsur intinya adalah nomina atau kata benda, sedangkan frasa nomina koordinatif merupakan frasa yang kedudukannya setara atau sederajat. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif karena peneliti mendeskripsikan frasa nomina koordinatif dari segi bentuk serta tidak menggunakan rumus statistik, angka, diagram atau grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada video channel youtube berjudul media pembelajaran sastra (jenis-jenis pantun) ditemukan bentuk frasa nomina koordinatif  yang disusun N+N dari pasangan antonim relasional dan N+N dari medan makna.


Keywords


Frasa, Nomina, Koordinatif. Video.

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih. 2015. “Video” Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Vol 4. 6 Januari 2021.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis bahasa Indonesia ( pendekatan proses). Jakarta : Rinneka Cipta

Darihastining, Susi. 2021. Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Local Pada Anak Usia Dini. STKIP PGRI Jombang. Volume 5 isuues 2. 6 Mei 2021.

Djajasudarma, Fatimah. 2012. Metode Linguistik. Bandung :PT Refika Aditama.

Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono

Sulistyowati, Heny. 2012. Mengenal Struktur Atribut Frasa. Malang : Madani


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.