ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEOREMA PYTHAGORAS

Sri Ratna Zuliati

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan komunikasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal teorema Pythagoras (2).Menemukan faktor apa sajakah yang mempengaruhi komunikasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Urwatul Wutsqo Bulurejo pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Instrument penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu instrument utama dan instrument pendukung. Instrument utama adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung adalah lembar tes dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Tehnik analisis data menggunakan  reduksi data,penyajian data dan simpulan.Hasil penelitian ini adalah (1) Komunikasi matematis Subjek berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal teorema phytagoras adalah subjek dapat menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, menggambarkan segitiga siku-siku yang sesuai dengan soal disertai keterangannya , siswa menyelesaikan soal dalam bahasa model matematika dengan dibuktikan dapat menarik kesimpulan jawaban sesuai dengan permasalahan sehari-hari sesuai dengan pertanyaan. (2) Komunikasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal teorema Pythagoras pada subjek berkemampuan matematika tinggi diperharuhi oleh kemampuan Menulis (written text), yaitu menjelaskan ide atau solusi dari suatu permasalahan atau gambar dengan menggunakan bahasa sendiri, kemampuan Menggambar (drawing), yaitu menjelaskan ide atau solusi dari permasalahan matematika dalam bentuk gambar, kemampuan Ekspresi matematika (matematical ekpression), yaitu menyatakan masalah atau peristiwa sehari-hari dalam bahasa model matematika.


Keywords


komunikasi matematika,teorema pythagoras

Full Text:

PDF

References


Hodiyanto (2017), Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu Vol.7 No.1. IKIP PGRI Pontianak,Kalimantan Barat

Kadir (2008). Kemampuan Komunikasi Matematik dan Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pp. 339-350. UNY: Yogyakarta.

Norma Nur Hikmawati,dkk. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. Jurnal PRISMA, 8 no 1(68-79)

Puspita Sari Ika, 2017. Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo Pada Materi Statistika. Jurnal Nalar Pendidkan 2 no 2 (86-92)

Rochim, Herawati & Nurwiani. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269-280.

Ummu Sholihah dan Lutfianannisak, 2018. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Komposisi Fungsi Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Tadris Matematika 1 no 1: 1-8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.