ANALISIS KEMAMPUAN SISWA BERDASARKAN KECERDASAN REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED

. Suharningsih

Abstract


Pendidikan bagi siswa bertujuan untuk memberikan bekal untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pelajaran matematika perlu diajarkan di semua jenjang pendidikan formal, mulai dari sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi. Materi-materi dalam pelajaran matematika tersusun secara hirarkis dan konsep matematika yang satu dengan yang lainnyaa berkorelasi membentuk satu konsep baru yang lebih kompleks. Pemecahan masalah merupakan bagian yang sangat penting dalam pelajaran matematika. Siswa dituntut memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Siswa tidak dapat menyelesaikan masalah mungkin dikarenakan karena dari tingkat kemampuan siswa yang masih kurang dan kecerdasan reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah dengan pendekatan open ended. Berdasarkan penjelasan tersebut bahwa kemampuan siswa yang mempunyai kecerdasan reflektif perlu mendapat perhatian karena dapat mempengaruhi kemampuannya dalam menyelesaikan suatu masal matematika. Guru harus memperhatikan siswa yang mempunyai kecerdasan reflektif  dapat menyelesaikan soal Open Ended. Tujuannya dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemampuan siswa yang mempunyai kecerdasan reflektif dalam menyelesaikan soal   open ended  dalam  pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah salah satu siswa kelas VIII Sains. Berdasarkan  hasil jawaban I dan II dan hasil wawancara I dan II subjek sudah memenuhi indikator-indikator pada kecerdasan reflektif yaitu reacting, comparing dan contemplating.


Keywords


Kemampuan Siswa, Kecerdasan Reflektif, Soal Open Ended

Full Text:

PDF

References


Henden, G. 2004. Intuition and its Role in Strategic Thinking.Sandvika: BI Norwegian School of Management.

Raden Heri Setiawan, Idris Harta. 2014. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika,Volume 1(2):240-256

Scunck, D.H. 2012. Learning Theories an educational perspective; teori-teori pembelajaran persepektif pendidikan (terjemahan Eva Hamdiah & Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syukrul Hamdi. 2012. Memahami Karakteristik Psikologis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kecerdasan Intuitif Dan Reflektif. Makalah. Dalam: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, 10 November 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.