PENGGUNAAN DISFEMIA DALAM QUOTES PADA VIDEO CAPTION TIKTOK

Alifiyah Mila Rizka, Fitri Resti Wahyuniarti

Abstract


Banyaknya penggunaan kata yang memiliki nilai rasa yang keras dan kasar menyebabkan masyarakat yang masih awam dan kurang memahami akan perkembangan bahasa menjadi salah paham dalam mengartikan maksud dan tujuannya. Terlebih lagi penggunaan kata kasar tersebut lebih banyak digunakan dalam bentuk tulisan yang setiap orang akan berbeda dalam membacanya. Hal ini dipengaruhi oleh suasana hati sang pembaca. Saat ini penggunaan kata kasar sudah seperti kebutuhan dalam berbahasa, terutama pada media sosial. Kata kasar tersebutlah yang dapat menjadi bumbu dalam pembicaraan, dapat menegaskan maksud dan tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk disfemia berdasarkan faktor penyebab terjadinya dan juga mendeskripsikan fungsi penggunaan disfemia dalam quotes pada video caption TikTok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan cara mengumpulkan data dan menganalisis data tersebut. Pencarian data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Menganalisis data dilakukan dengan langkah mendeskripsikan data, menganalisis, hingga menyimpulkan. Analisisnya terfokus pada dua rumusan masalah, yaitu bentuk disfemia berdasarkan faktor penyebabnya dan fungsi disfemia yang ada pada quotes dalam video caption TikTok. Objek penelitian ini adalah media sosial TikTok. Data penelitian ini adalah berupa kata-kata yang bersifat kasar atau keras. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penggunaan disfemia pada media sosial, khususnya media sosial TikTok yang penulisannya menganduk maksud atau tujuan tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab disfemia yang ada pada quotes dalam video caption TikTok diantaranya adalah faktor sosial budaya, asosiasi, pengembangan istilah, perbedaan tanggapan, pertukaran tanggapan indera, dan penyingkatan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa fungsi disfemia pada quotes dalam video caption TikTok diantaranya adalah untuk menunjukkan rasa kesal atau jengkel, memberikan penekanan, menegaskan makna, dan menunjukkan rasa marah

Keywords


Disfemia, TikTok, Faktor Penyebab, Fungsi Disfemia

Full Text:

PDF

References


Aini, Heni Churrotul. 2020. Disfemia dalam Kolom Komentar Netizen pada Akun Instagram Barbie Kumalasari. STKIP PGRI Jombang: Skripsi.

Aminuddin. 2008. Semantik Pengantar Studi tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia, Pungky Awanda. 2017. Disfemia Bahasa pada Acara Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV. STKIP PGRI Jombang: Skripsi.

Chaer, Abdul. 2002. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2013. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia: Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, Fatimah. 1999. Semantik Pemahaman Ilmu Makna. Bandung: Refika Aditama.

. 2006. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Refika Aditama.

. 2009. Semantik 2 Pemahaman Ilmu Makna. Bandung: Refika Aditama.

Harsiwi, Udi Budi. 2009. Ungkapan Disfemia pada Rubrik Gagasan Surat Kabar Suara Merdeka. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lailiyah, Ika Nur. 2013. Pemakaian Eufemisme dalam Kolom Opini Jawa Pos Edisi September-Oktober 2012. STKIP PGRI Jombang: Skripsi.

Pateda, Mansoer. 2010. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Prawirasumantri, dkk. 1997. Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Rohhayati, Fatwa, dkk. 2020. Kajian Bahasa Disfemia pada Kolom Komentar Netizen di Instagram. Wacana: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Vol. 18 No. 2, 2020. ISSN (online): 2746-4652.

Sudrayat, Yayat. 2016. Makna dalam Wacana Prinsip-Prinsip Semantik dan Pragmatik. Up.edu,36.

Ummah, Azah Rochimatul. 2013. Disfemia Bahasa dalam Berita Kriminal pada Acara Berita Kecrek di MHTV. STKIP PGRI Jombang: Skripsi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.