NILAI-NILAI SOSIAL DAN BUDAYA TRADISI RUWAH DESA DI ERA GLOBALISASI

Febi Agustina, . Kustomo

Abstract


Tradisi adalah salah satu bentuk kebudayaan yang ada dalam masyarakat. Pelestarian tradisi dilaksanakan karena adanya nilai-nilai yang bermakna dalam pelaksanaannya. Tradisi Ruwah Desa yang masih bertahan hingga saat ini memiliki latar belakang, keyakinan, dan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Meskipun zaman mengalami modernisasi, akan tetapi tidak membuat budaya tradisi semakin diminati oleh masyarakat dan dapat mengakibatkan masyarakat melupakan nilai-nilai sosial budaya yang diajarkan secara tidak langsung bahkan semakin jarang dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) untuk mengetahui latar belakang tradisi Ruwah Desa; (2) untuk mengetahui prosesi tradisi Ruwah Desa dan (3) untuk mengetahui nilai-nilai sosial dalam tradisi Ruwah Desa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode triangulasi data yaitu meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Latar belakang dilakukannya tradisi Ruwah Desa adalah sebagai bentuk penghormatan terhadap pendiri desa, penolak bala, dan keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa; (2) Prosesi tradisi Ruwah Desa meliputi lima komponen sistem religi, diantaranya emosi keagamaan masyarakat sangat khusyuk, sistem keyakinan yang dibangun oleh keyakinan terhadap keselamatan dan keberkahan, sistem ritus atau upacara yang turun temurun tetap dilakukan berdasarkan sejarah nenek moyang dan hasil musyawarah masyarakat, peralatan upacara yang digunakan hanya dengan sebilah pisau dan umat agama yang mengikuti tradisi Ruwah Desa adalah seluruh masyarakat yang berada baik dari dalam maupun dari luar desa; (3) Nilai sosial-budaya tradisi Ruwah Desa adalah nilai agama, nilai ekonomi dan nilai solidaritas atau gotong royong.


Keywords


Nilai Sosial Budaya, Ruwah Desa, Globalisasi

Full Text:

PDF

References


Abadi, Ilham., dan Soebijantoro. 2016. Upacara Adat Ruwatan Bumi Di Kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun (Latar Sejarah, Nilai-Nilai Filosofis, Dan Potensinya Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal). Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya 6(01), 82-93. Retrieved from http://e-hournal.unipma.ac.id/index.php/JA/article/view/883/796.

Ajisanta, Robet. 2017. Upacara Tetaken: Diantara Tradisi dan Modernisasi. Seminar Nasional Seni dan Desain 2017, 147-150. Retrieved from https://proceedings.sendunesa.net/publications/196071/upacara-tetaken-diantara-tradisi-dan-modernisasi.

Ambia, Gina Novi. 2019. Seren Taun dan Modernisasi Dalam Ekpresi Drywall. Jurnal Astrat 7(1), 11-20. Retrieved from https://jurnal.isbi.ac.id/index.php.atrat/article/download/913/589.

Axiaverona, RG., dan RB. Soemanto. 2018. Nilai Sosial Budaya Dalam Upacara Adat Tetaken (Studi Deskriptif Upacara Adat Tetaken Di Desa Mantren, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan). Journal of Development and Social Change 1(1), 18-28. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jodasc.

Brata, Dyah Puji Nali., dan Maria Lusiana Nurohmasari. 2020. The Impact Of Education Existence Based On Pondok Pesantren In Drenges Village. Journal of Education And Technology 4(1), 80-88. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/.

Caturwati, Endang. 2021. Ritual Tolak Bala Menghadapi Petaka. Retrieved from https://www.isbi.ac.id/index.php/berita-terkait/761-akarpadinews-ritual-tolak-bala-menghadapi-petaka.

Helaluddin. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif. Retrieved from https://www.researchgatenet/publication/323600431_Mengenal_Lebih_Dekat_dengan_Pendekatan_Fenomenologi_Sebuah_Penelitian_Kualitatif&ved.

Koentjaraningrat. 1987. Sejarah Teori Antropologi. Jakarta: UI Press.

Nadliroh, Umi. 2014. Analisis Nilai-nilai Religi Pada Pelaksanaan Ruwatan Desa di Desa Bakalan, Sumobito, Jombang. Jombang: STKIP PGRI Jombang.

Nurhalimah. 2018. Tradisi Appali di Kassikebo Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros (2005-2017). Makkasar: Universitas Negeri Makassar. Retrieved from https://eprints.unm.ac.id/11685/1/TESIS.pdf.

Sri Rahayu, Ani. 2015. ISBD Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Wikipedia. 2021. Penghormatan Orang yang Telah Meninggal. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Penghormatan_orang_yang_telah_meninggal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.