NILAI-NILAI HUKUM ADAT DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA TRADISI WIWITAN

Deni Prasetyo, Heppy Hyma Puspytasari

Abstract


Wiwitan dalam kebudayaan jawa merupakan upacara yang dilakukan masyarakat sebelum tanam dan panen padi. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta modernisasi masyarakat telah banyak melakukan perubahan khususnya dalam pelaksanaan upacara tradisi wiwitan yang memiliki nilai hukum adat dan kepercayaan pada tradisi wiwitan. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan makna budaya tradisi wiwitan masyarakat desa, (2) Untuk mendeskripsikan nilai hukum adat pada tradisi wiwitan dan, (3) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai kepercayaan tradisi wiwitan masyarakat desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif terdiri dari 4 langkah yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil melalui penelitian yang dilakukan (1) Makna tradisi wiwitan dianggap oleh petani untuk a) Mendapatkan manfaat yang dianggap dapat mencegah hal-hal yang buruk dan b) Makna simbolis yang terdapat pada tradisi wiwitan (2) Nilai hukum adat yang terdapat pada tradisi wiwitan adalah a) Hukum adat tradisi wiwitan merupakan hukum yang tidak tertulis, b) Sanksi yang berlaku pada tradisi wiwitan dan, (3) Nilai kepercayaan tradisi wiwitan yang dianggap sebagai a) Upacara untuk ungkapan rasa syukur terhadap hasil panen perlu dilestarikan dan b)Mitos kepercayaan tradisi wiwitan apabila tidak melakukan tradisi wiwitan akan mendapatkan hasil panen yang kurang melimpah.


Keywords


tradisi wiwitan, hukum adat dan nilai kepercayaan

Full Text:

PDF

References


Tri anik W. 2017. Perrubahan Tradisi Wiwitan Dalam Era Modernisasi (Studi Pada Petani Di Desa Balak, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten). (online) (http://eprints.uny.ac.id/)diakses tanggal 15 agustus 2021.

Khoironi A.2007. Tradisi Wiwitan Dalam Arus Modernisasi Pertanian. (online) ( http://digilib.uin-suka.ac.id/id/) (online) diakses 12 juli 2021.

Eko edi. 2020. Tradisi Wiwitan: Cara Penyebaran Dan Proses Pembelajaran Oleh Masyarakat (Studi Kasus: Dusun Kedon Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul). (online) (https://www.researchgate.net/publication/) diakses tanggal 27 mei 2021.

Tarjid A.2017. TRADISI WIWITAN - Kajian Simbolik-Hermeneutik terhadap Masyarakat Desa Jetak, Kecamatan Wedung, Demak, Jawa Tengah. (online) (https://ejournal.undip.ac.id/) diakses tanggal 27 mei 2021 pukul 18:23 WIB.

Wahyuni ak. 2018. Perubahan Tradisi Wiwitan dalam Era Modernisasi (Studi Pada Masyarakat Petani di Desa Balak, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten). (online) (https://core.ac.uk/ ) diakses tanggal 27 mei 2021.

Ragawino.2008. pengantar dan asas-asas hokum adat istiadat. (online) (http://pustaka.unpad.ac.id/ ) diakses tanggal 23 agustus 2021.

Tamamah & Brata. 2019. Dampak Penguatan Karakter Cinta Tanah Air di SMA Negeri Plandaan. Crocys. (online) (http://core.ac.uk/) diakses tanggal 24 agustus 2021.

Tri anik. W. 2018. Perubahan Tradisi Wiwitan dalam Era Modernisasi (Studi Pada Masyarakat Petani di Desa Balak, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten). (online) (https://core.ac.uk/) diakses tanggal 11 juli 2021

Yulia .2016. Buku Ajar Hukum Adat. (online) (https://repository.unimal.ac.id/) diakses tanggal 24 agustus 2021.

Septiyani lisa. 2020. Membangun Karakter Dan Menanamkan Budi Pekerti Bagi Petani Pada Tradisi Wiwitan Di Desa Gilangharjo Pandak Bantul. (online) (https://ejournal.unsri.ac.id/) diakses tanggal 27 mei 2021

Nur rohim.2018. PERSEPSI PETANI JAWA TENTANG PELAKSANAAN TRADISI WIWITAN DI DESA PODOSARI KECAMATA PRINGSEWU KABUPATEN PRINGSEWU. (online) (http://digilib.unila.ac.id/) diakses tanggal 27 mei 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.