PENDAMPINGAN BELAJAR UNTUK ANAK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI DUSUN TEBUIRENG CUKIR JOMBANG

Alfi Farihatul Lathifah, Eny Suryowati

Abstract


Pandemi Covid-19 yang menjangkit seluruh negara dunia telah merubah tatanan hidup masyarakat dunia, perubahan pola hidup ini mencangkup semua dimensi baik ekonomi, kesehatan, sosial, budaya, pendidikan, pertahanan, dan keamanan. begitu luasnya dimensi yang terdampak bahkan mengakibatkan beberapa negara memasuki fase krisis akibat ketidakmampuan negaranya beradaptasi dengan cara-cara baru dalam menyelenggarakan pemerintahannya. Dalam bidang pendidikan Dusun sudah termasuk maju, baik dari lembaga formal maupun lembaga non formal. Namun, keberadaan lembaga tersebut tidak dibarengi dengan tenaga pengajar yang cukup. Sehingga ada beberapa lembaga pendidikan non formal yang kekurangan jumlah tenaga kerja seperti guru mengaji. Selain itu,  adanya keluhan dari orang tua akibat tugas anaknya yang semakin hari semakin bergam dan susah. Disisi lain perlu adanya pendampingan seorang guru untuk memahami materi dan membantu menunjang kegiatan belajar mengajar dalam proses pembelajaran yang bersifat daring dan dilakukan dirumah dan hal ini juga membantu orang tua karena tidak semua orang tua mampu mengikuti dan mendampingi anak anaknya. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi yang dapat dilakukan adalah perlu adanya Bimbingan belajar Fun Learning, melalui kegiatan ini anak- anak yang ada di sekitar rumah tetap dapat memahami materi yang telah diberikan oleh guru melalui metode yang menyenangkan. Disisi lain, bimbingan belajar ini juga dapat memberikan kemudahan bagi siswa serta tambahan materi dan kosakata bahasa Inggis.


Keywords


Efektivitas, bimbingan belajar, daring, covid-19

Full Text:

PDF

References


. Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada, 2013) Cet ke- 6, Jakarta

. Isman, Mhd. (2016). Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar, 586.

. Handoko,T. Hani dan Basu, Swasta DH.(1997). Manajemen Pemasaran. Modern,Liberty, Yogyakarta

. Devung, Simon .(1988). Pengantar ilmu administrasi dan Manajemen. Departemen pendidikan dan kebudayaan , direktorat jendral pendidikan tinggi dan pengembangan lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan 1988, Jakarta

. Steers, Richard M. (1985). Efektivitas organisasi kaidah perilaku.Erlangga : Jakarta

. Sudarti. (2021). Pendampingan belajar daring di masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di desa walikukun, kecamatan widodaren, kabupaten ngawi provinsi Jawa Timur.

. Morrison, Tarrance, 2001. Actionable Learning-A Handbook for Capacity Building Through Case Based Learning. ADB Institute.

. Dick, W. and Carey, L. (1990). The Systematic Design of Instruction. (Third edUnited States of America : Harper Collins Publishers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.