PENDIDIKAN KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU TENTANG UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 DI PERUMAHAN PACUNG ASRI DESA BELALANG KABUPATEN TABANAN BALI

Etik Lusiani, Leyla Ayu Monica

Abstract


Perilaku masyarakat saat pandemi COVID-19 lebih memperhatikan kesehatan dengan mencuci tangan, menggunakan masker, dan membawa hand sanitizer ketika berpergian. Ibu dapat dijadikan kebijakan alternative untuk membentuk perilaku baik dalam upaya pencegahan COVID-19. Fenomena yang terjadi di Perumahan Pacung Asri Desa Belalang Kabupaten Tabanan Bali didapatkan beberapa Ibu memiliki perilaku kurang baik dalam upaya pencegahan COVID-19 seperti tidak mengenakan masker saat beraktivitas ke luar rumah, tetap berpergian ke luar kota walaupun daerah tersebut merupakan zona merah, berkumpul dengan banyak orang dan tidak mencuci tangan saat memasuki rumah setelah pulang dari berpergian. Pemberian informasi tentang upaya pencegahan COVID-19 diberikan melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Proses kegiatan ini dimulai dari Ketua RT wilayah Perumahan Pacung Asri mengajukan surat permohonan untuk memberikan informasi kesehatan ke unit LPPM STIKES Katolik St Vincentius a Paulo, kemudian mendapat ijin dan dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil setelah dilakukan proses pendidikan kesehatan ada perubahan tingkat pengetahuan respoden dimana sebelum kegiatan didapatkan hasil tingkat pengetahuan responden yang baik sebanyak 18 responden (53%), 16 orang (47%) memiliki pengetahuan cukup tentang upaya pencegahan COVID-19. Tingkat pengetahuan setelah diberikan pendidikan kesehatan 34 orang (100%) memiliki pengetahuan baik. Berdasarkan kegiatan tersebut menunjukkan bahwa Pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan ibu mengenai upaya pencegahan COVID-19.


Keywords


Pengetahuan, Upaya Pencegahan COVID-19, Pendidikan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


. Wawan, A., & Dewi, M. (2020). Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Nuha Medika.

. Prihati, D. R., K.Wirawati, M., & Supriyant, E. (2020). Analisis Pengetahuan Dan Perilaku Masyarakat Di Kelurahan Baru Kotawaringin Barat Tentang Covid 19. 2(September), 780–790.

. Apriliani, F. T. (2020). Model Keberfungsian Sosial Masyarakat Pada Kehidupan Normal Baru. Kolaborasi Resolusi Konflik, 2, 133–141.

. Baharuddin, & Rumpa, F. A. (2020). 2019-Ncov-Jangan Takut Virus Corona. Rapha Publishing.

. Rosidin, U., Rahayuwati, L., & Herawati, E. (2020). Indonesian Journal Of Anthropology Perilaku Dan Peran Tokoh Masyarakat Dalam Pencegahan Dan Penanggulangan Pandemi Covid -19 Di Desa Jayaraga, Kabupaten Garut. 5(June), 42–50.

. SATGAS P. C.-19. (2020). Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19.

. Budiman, & Riyanto, A. (2014). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan Dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan.

. Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta:Renika Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.