PELATIHAN PEMANFAATAN GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN ASESMEN PADA GURU RA AL-IHSAN KALIJARING JOMBANG

Lailatus Sa’adah, Rosi Anjarwati

Abstract


Kebijakan pemerintah terkait pandemik Covid-19 mengharuskan madrasah melakukan pembelajaran jarak jauh hampir tanpa ada persiapan sama sekali. Guru sebagai ujung tombak proses pembelajaran mengalami culture shock ketika harus beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh. Tidak banyak yang dapat dilakukan kecuali hanya melakukan pembelajaran luring dengan memberi fotokopi lembar kerja untuk siswa dan sesekali mengirimkan tugas melalui group WhatsApp. Pengetahuan guru tentang pemanfaatan ICT sebagai media pembelajaran dan asesmen sangat terbatas. PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran jarak jauh dan asesmen dengan memanfaatkan Google Form sebagai media pembelajaran dan asesmen pada guru-guru Raudlatul Athfal Al-Ihsan Kalijaring Kalikejambon Tembelang Jombang. Setelah diberikan pelatihan maka selanjutnya mereka akan melakukan praktek secara terbimbing dan dilakukan pendampingan sampai tercapainya tujuan. Pendampingan dilakukan selama satu bulan dengan memonitor kemajuan implementasi pembelajaran jarak jauh dan asesmen serta membantu mencarikan solusi apabila ditemukan kendala. Luaran yang dicapai dalam program ini adalah dihasilkannya seperangkat pembelajaran dan asesmen dengan memanfaatkan Google Form sebagai media pembelajaran dan asesmen. Seperangkat pembelajaran dan asesmen tersebut sangat bermanfaat dalam menjalankan pembelajaran jarak jauh (daring) dan memperoleh apresiasi yang baik dari wali siswa. Sebagai hasil kegiatan ini, selain pengetahuan dan ketrampilan memanfaatkan Google Form dalam pembelajaran dan asesmen, peserta pelatihan juga mendapatkan pengetahuan tentang menyimpan dan mengorganisir file pada Google Drive. Hendaknya kegiatan serupa dilaksanakan secara berkelanjutan agar kualitas madrasah dan pendidik terus meningkat.


Keywords


Google Form, pembelajaran daring, asesmen

Full Text:

PDF

References


. Budiana, H. R., Sjafirah, N., & Bakti, I, 2015, Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bagi para guru SMPN 2 Kawali desa Citeureup kabupaten Ciamis, Dharmakarya, Vol. 4, Ed. 1.

. Emda, A., 2018, Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran, Lantanida Journal, Vol.5, Ed. 2, hal. 172-182.

. Putri, C., 2013, Pengaruh kreatifitas belajar, penggunaan media pembelajaran power point, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas X AKT SMK Negei 2 Blora tahun ajaran 2012/2013 (motivasi belajar sebagai variabel interve), Economic Education Analysis Journal, Vo. 2, Ed. 2.

. Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D., 2021, Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika, Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, Ed. 1, hal. 56-65.

Radyuli, P., Sefriani, R. S., & Qomariah, N., 2019, Pembelajaran inquiry menggunakan google form terhadap hasil belajar simulasi dan komunikasi digital. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 1, Ed. 2, hal. 56-63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.