PENYULUHAN GIZI UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS KEPADA IBU HAMIL DAN IBU MENYUSUI DI LIDAH KULON, LAKARSANTRI, SURABAYA

Nurul Azizah Choiriyah, Latifahtur Rahmah, Ryan Yeremia Iskandar

Abstract


Pihak puskesmas Lidah Kulon telah membentuk komunitas ibu-ibu hamil dan menyusui di Lidah Kulon. Kegiatan kampung asi diantaranya penyuluhan dan kunjungan rumah. Ibu-ibu hamil dan menyusui di Lidah Kulon dipilih sebagai sasaran pengabdian masyarakat gizi untuk meningkatkan imunitas karena kondisi lingkungan Lidah Kulon masih seperti pedesaan, taraf pendidikan ibu rumah tangga masih rendah, hidupnya sederhana dan bekerja hanya mengurus rumah tangga saja. Materi gizi untuk meningkatkan imunitas dirasa perlu diberikan karena di saat pandemi covid-19, tubuh perlu memperoleh asupan gizi yang mencukupi untuk mencegah penularan covid-19. Ibu hamil dan menyusui merupakan kelompok rentan tertular covid-19. Metode pengabdian masyarakat adalah penyuluhan menggunakan buku booklet gizi untuk meningkatkan imunitas serta pemberian bahan makanan yang mengandung gizi tertentu. Penyuluhan dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Kegiatan pengabdian masyarakat berjalan dengan lancar dan menerapkan protokol kesehatan. Melalui kegiatan pretest dan posttest dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan pengetahuan ibu-ibu hamil dan menyusui terkait gizi untuk imunitas.  Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan antusias. Seluruh peserta mengikuti rangkaian kegiatan dari mulai pretest hingga posttest

Keywords


ibu hamil, ibu menyusui, gizi, imunitas

Full Text:

PDF

References


. Salman Y, Baru B. Edukasi gizi untuk meningkatkan imunitas tubuh ( Asupan tepat di masa pandemi Covid-19 ). Edukasi gizi untuk Meningkat imunitas tubuh ( Asupan tepat di masa pandemi Covid-19 ). 2021;3(1):20–9.

. Anggraini NN, Riris DA. Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Pada Masa Pandemi Covid-19 Nutritional Needs of Pregnant Women During the Covid-19 Pandemic. J Pangan dan Gizi [Internet]. 2021;11(1):42–9. Available from: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPDG/article/view/7491

. Oktarina OO, Wardhani YF. Perilaku Pemenuhan Gizi pada Ibu Menyusui di Beberapa Etnik di Indonesia. Bul Penelit Sist Kesehat. 2020;22(4):236–44.

. Mustofa A, Suhartatik N. Meningkatkan Imunitas Tubuh Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Karangtaruna Kedunggupit, Sidoharjo, Wonogiri, Jawa Tengah. SELAPARANG J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2020;4(1):317.

. Pariang NF., Wijaya E, Sarnianto P, Ikawati Z, Andrajati R, Puspitasari I, et al. Panduan Praktis Untuk Apoteker. Pengurus Pus Ikat Apot Indones. 2020;53(9):1779–91.

. Dai J, Gu L, Su Y, Wang Q, Zhao Y, Chen X, et al. Inhibition of curcumin on influenza A virus infection and influenzal pneumonia via oxidative stress, TLR2/4, p38/JNK MAPK and NF-κB pathways. Int Immunopharmacol [Internet]. 2018;54(September 2017):177–87. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.intimp.2017.11.009

. Nurlila RU, La Fua J. Jahe Peningkat Sistem Imun Tubuh di Era Pandemi Covid- 19 di Kelurahan Kadia Kota Kendari. J Mandala Pengabdi Masy. 2020;1(2):54–61.

. Indraswari R. Gambaran Pengetahuan Kader Kesehatan Mengenai Gizi Ibu Hamil. J PROMKES. 2018;6(2):201.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.