PELATIHAN PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU SDN TANJUNGGUNUNG KECAMATAN PETERONGAN JOMBANG

Hartia Novianti, . Rukminingsih

Abstract


Pengabdian masyarakat  ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SDN Tanjunggunung , Peterongan Jombang. Peningkatan profesionalitas guru dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan strategi siklus yang dilakukan dengan tahapan dari identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan identifikasi masalah bahwa masih banyak guru SDN Tanjunggunung  yang mengalami kesulitan dalam menyusun PTK dan melaksanakannya di kelas. Lemahnya kemampuan mereka dalam menyusun PTK disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan atau pemahaman mereka tentang PTK secara praktek. Manfaat PTK di antaranya adalah membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan profesionalisme guru dan meningkatkan kompetensi guru. Kegiatan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ini memberikan dampak terhadap peningkatan pengetahuan yang signifikan tentang pemahaman penelitian tindakan kelas, pengolahan dan analisis data penelitian tindakan kelas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh dua dosen STKIP PGRI Jombang dan  dua mahasiswa STKIP PGRI Jombang. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam lima tahap yaitu (1) Persiapan awal(survei tempat dan analisa kebutuhan  ), (2) Pembuatan worksheet pelatihan penelitian tindakan kelas dengan mengenalkan model pembelajaran yang inovatif,  (3) Pelaksanaan Kegiatan (Pemberian materi dan pelatihan penelitian tindakan kelas ), (4) Praktik (pelaksanaan pembuatan penelitian tindakan kelas ), (5) Out put(pembuatan karya ilmiah berupa penelitian tindakan kelas (PTK) secara  mandiri dan menghasilkan artikel  PTK yang baik  )  Hasil akhir dalam penelitian ini adalah proses pelatihan memberikan manfaat bagi guru, yaitu dapat meningkatkan pemahaman guru pada Penelitian Tindakan Kelas, menumbuhkan motivasi dalam menyusun PTK dan melaksanakan PTK, serta bagi sekolah dapat meningkatkan kinerja sekolah melalui peningkatan profesionalisme guru.


Keywords


Kompetensi, Profesionalisme Guru; Penelitian Tindakan Kelas.

Full Text:

PDF

References


. Latief, M.A.(2014). Penelitian Tindakan Kelas. Univerasitas Negeri Malang Press.

. Kemmis,S., McTaggert,M(1988). The ActionResearchPlanner. (3rd ed) Victoria: Deakin University

. Sukarnyana, I W. (2015). Penelitian tindakan kelas (classroomactionresearch). Malang: Universitas Negeri Malang.

. Slameto, (2014). Penyusunan Proposal dan Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Salatiga: Widya Sari Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.