PRINSIP RETORIKA LUNDQUIST L’ELUCATION DALAM IKLAN KAOS PRODUK LOKAL DI INSTAGRAM PADA ERA DIGITAL

Fitri Hamidah, Heny Sulistyowati

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan prinsip retorika l’elucation dalam iklan kaos produk lokal di Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prinsip retorika l` elocution. Prinsip retorika l’elucation adalah prinsip retorika yang menitikberatkan pada diksi atau pemilihan kata. Melalui prinsip ini, pengirim pesan dituntut untuk mengemas pesannya dengan kata-kata dan bahasa yang tepat sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh penerima pesan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah produk kaos lokal yang diiklankan lewat media sosial instagram. Data dalam penelitian ini adalah untuk l’elucation berupa diksi dan pemilihan kata dan untuk l’action berupa gestur, mimik wajah dan kontak mata. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 1) observasi, 2) penentuan objek, 3) dokumentasi data, 4) identifikasi, 5) klasifikasi, 6) kodefikasi, 7) tabulasi, 8) pengelompokkan data sesuai fokusnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah 1) identifikasi data, 2) mendeskripsikan data, 3) analisis data, 4) menyimpulkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan prinsip retorika l’elucation dalam iklan kaos prodak lokal di instagram terdapat Diksi dan pemilihan kata terletak pada data yang memiliki makna denotasi, konotasi, kata umum, kata khusus, kata abstrak dan kata konkret.


Keywords


Retorika, L’elucation, produk, Kaos, Instagram

Full Text:

PDF

References


Aristoteles. 2018. Retorika. Yogyakarta: BASABASI

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Pansel. Jakarta : Media Kita.

Bormannn, Ernest G, dan Nancy C. 1997. Retorika suatu Pendekatan Terpadu, Edisi ke-4. Terjemahan Paulus Sulsadi. Jakarta : Erlangga

Chaer, Abdul, dan Agustina, Leonie. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 1994. Lingusitik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, Fatimah, T. 1993. Semantik I: pengantar ke Arah Ilmu Makna. Bandung: PT. Eresco.

Dwiyanto Agus. 2017. Gaya Bahasa Afrizal Malna dalam sajak Arsitektur Air Hujan. Jombang : STKIP PGRI Jombang

Hendrikus, Dori Wuwur. 1990. Retorika Keterampilan Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi. Yogyakarta: Kanisius.

Jogiyanto, H.M., 2005, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta

Kasali, Rhenald. 1992. Managemen Periklanan – Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti

Keraf Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philips. 2005. Pemasaran Jilid 1&2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Granedia.

Laili Nur Fadhila. 2018. Gaya Bahasa Retoris dalam lirik lagu karya Payung Teduh Jombang : STKIP PGRI Jombang

Lee, Monle dan Johnson Carla. 2004. Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta: Prenada Media. Poespo, Goet. 2005. Pemilihan Bahan Tekstil. Yogyakarta : PT Gramedia

Lundquist Lita 1983. L’analyse Textualle : Methode, Exercises. Paris : CEDIC

M. Nisrina. (2015), Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang, Yogyakarta : Kobis.

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mawaddah Safikri, 2018. Retorika iklan minuman di youtube dan pemanfaatannya sebagai alternatif materi pembelajaran menulis teks iklan di SMP. Jember : Universitas Jember

Moleong, Lexi J. 2011. Metodologi Penelitian Kualiotatof Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong. L.J. 2011. Metologi Penelitian Kualitatif edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, R. Bagus. 2012. Strategi Penggunaan Retorika dalam Iklan Otomotif pada Media Berbahasa Perancis. Jurnal.

Oka, I Gusti Ngurah dan Basuki. 1990. Retorika (Kiat Bertutur). Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.