TINGKAT KESUKARAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH
Eva Eri Dia, Aldi Subangkit Syah
Abstract
Evaluasi merupakan salah satu unsur yang sangat penting dan menentukan keberhasilan suatu program pendidikan. Proses penyusunan soal di MA Umar Zahid Perak belum memperhatiakan tingkat kesukaran butir soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesukaran soal Penilaian Tengah Semester mata pelajaran bahasa indonesia di MA Umar Zahid Perak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Analisis dalam penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menghitung data berdasarkan rumus kemudian hasil data yang diperoleh dijabarkan secara deskriptif. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi melalui arsip berupa kisi-kisi, soal, kunci jawaban, dan lembar jawaban. Hasil penelitian ini adalah tingkat kesukaran butir soal uraian PTS mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X menunjukkan bahwa yang termasuk dalam kategori sedang adalah soal nomor 1,2 ,3 4, 5, 6, 7, 8, dan nomor 9. Sedangkan butir soal yang termasuk dalam kategori soal yang sukar adalah nomor 10 dan tidak ditemukan butir soal kategori mudah dalam butir soal uraian PTS mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di MA Umar Zahid Perak.
Keywords
Tingkat kesukaran, Penilaian Tengah Semester, Bahasa Indonesia