PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI

Acnes Nur Rahmalia, Nanik Sri Setyani, Masruchan .

Abstract


Memasuki abad-21 atau milenium ketiga proses pembelajaran dalam pendidikan  menuntut satu strategi yang berbeda dengan di masa lalu. Dengan perkembangan global proses pembelajaran bukan hanya dalam bentuk pemrosesan informasi, akan tetapi harus dikembangkan sedemikian rupa sehingga mampu mengembangkan sumber daya manusia kreatif yang adaptif terhadap tuntutan yang berkembang. Kurikulum baru tahun 2013 mempertegas bahwa proses pembelajaran harus berpusat pada siswa, pengajar bukan lagi sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan hanya berperan sebagai fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa perpustakaan yang tersedia di sekolah dan juga internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar ekonomi terhadap motivasi belajar siswa di era pandemi siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang.  pelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan proportional random sampling dan mendapat 49 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, metode angket/kuisioner, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pemanfaatan internet sebagai sumber belajar ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri Bandarkedungmulyo di era pandemi. Hal ini dipertegas dengan nilai kesalahan meramal sebesar 0,000 > 0,05

Keywords


Internet, Sumber Belajar, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


. Ariyani, N. (2021). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Sekolah , 3(1), 91–98.

. Aqib, R. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Internet Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sma Negeri 1 Pengasih. Skripsi.Fakultas Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta.

. Azizah, A. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X TKJ Negeri 7 Pekanbaru. Jurnal Sekolah , 4(3), 191–198.

. Darmawan, Deni. (2014). Pengembangan E-learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Kristsada, D. (2010). Menumbuhkan Minat Belajar Anak. Yogyakarta: Tiara Wacana.

. Kwartolo, Yuli. (2016). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1).15-43.

. Majid, Abdul. (2017). Hubungan Antara Pemanfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 10 Akuntansisman 46 Jakarta. Jurnal Sekolah , 5(3), 101–198.

. Nana Sudjana.(2001). Teknik Pembelajaran dengan Menggunakan Teknologi. Bandung: Remaja Karya.

. Oetomo Dharma Sutedjo, Budi. (2002). E-Education Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

. Parji, (2011).Strategi Pembelajaran Pendidikan Moral pada Era Teknologi Informasi.Madiun.

. Riyanto, M. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Internet Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X (Studi Kasus Pada Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Smk Muda Patria Kalasan).Skripsi.Fakultas Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta.

. Rozak, A., & Hidayati, W.S. (2019). Pengolahan Data Dengan SPSS, Yogyakarta : Erhaka Utama.

. Rizki, N. W. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 5 Semarang. Skripsi.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

. Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

. Breen dan Littlejhon.(2009). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

. Septi, R. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Di Mts Sabiilul Muttaqien Desa Sukaraja Nuban Lampung Timur.Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Metro.

. Slameto.(2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

. Sudjana, Nana, dan Ibrahim. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV ALFABETA.

. Sugiyono. (2021). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

. Suharsimi, A, (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

. Surya, Mohammad H. Mei (2010). Tantangan dan Problema Pendidikan Memasuki Milenium Ketiga.Termuat dalam majalah Ilmiah Wahana, Tahun XIV, hal 4.

. Uno, Hamzah B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

. Winkel, W.S., (1984). Psikologi Pendidikan Belajar dan Evaluasi. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.