Abstract
Pentingnya penguatan pendidikan karakter kerja sama yang dimiliki peserta didik dapat ditumbuhkan melalui penyatuan dalam mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Karena Penguatan penanaman karakter kerjasama dinilai penting bagi peserta didik. Perilaku kerja sama terlihat dalam berperilaku seperti komunikasi, musyawarah, mengambil keputusan, siap untuk berubah dan saling bertukar ide dan pikiran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kondisi karakter kerjasama (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi karakter kerjasama dan (3) untuk mengetahui bentuk-bentuk penguatan karakter kerjasama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kondisi karakter kerjasama di SMK MA’ARIF NGORO sudah dijalankan dengan baik, terdapat nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan pendidikan karakter (2) Faktor yang mempengaruhi karakter kerjasama antara lain motivasi individu peserta didik, faktor lingkungan yang mempengaruhi, saling pengertian sesama teman, memiliki tujuan yang sama (3) Bentuk penguatan karakter kerjasama adalah memberikan penekanan dalam model pembelajaran.
Keywords
Pendidikan karakter, penanaman karakter, sekolah kejuruan
References
. MZ Ahmadi, H Haris, M Akbal, 2020, Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. https://ojs.unm.ac.id/pir/article/view/14971
. E Ramdani, 2018, Model pembelajaran kontekstual berbasiskearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/8264
. D Iswatiningsih, 2019, Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/8264
. S Rahmi, 2021, Kerjasama Orang tua dan Guru Dalam Membentuk Kepribadian peserta didik di sekolah. http://journal.stitalhilalsigli.ac.id/index.php/azkia/article/download/48/55
. M Wattimena, 2021, Mengimplimentasikan pendidikan karakter di SMA NEGERI 13 MAKASAR. https://jurnal-eureka.com/index.php/edulecj/article/view/7
. WNA Fauzi, 2021, Strategi Pendidikan Karakter Kerjasama Guru dan Siswa di SMA Al-Ihsan Tanjung Lago. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/610
Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services