ANALISIS PEMECAHAN MASALAH SISWA TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT

Aulia Mahfudhoh, Nurul Aini

Abstract


Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu tujuan pembelajaran matematika salah satunya adalah pemecahan masalah. Dengan demikian pemecahan masalah menjadi salah satu fokus pembelajaran matematika. Pada proses pemecahan masalah, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah tipe kepribadian. Salah satu tipe kepribadian adalah ekstrovert. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemecahan masalah siswa tipe kepribadian ekstrovert. Tahapan pemecahan masalah yang digunakan adalah IDEAL (I-Identify problems, D-define goals, E-Explore possible strategies, A-Anticipate outcomes and act, dan L-Look back and learn). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 1 siswa SMP kelas VIII yang berkepribadian ekstrovert. Instrumen utama adalah peneliti sedangkan instrumen pendukung yaitu tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) untuk menentukan tipe kepribadian, tes pemecahan masalah dan wawancara semiterstuktur. Keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi waktu. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah pada langkah-langkah pemecahan masalah Bransford dan stein tahap pertama mengidentifikasi masalah, siswa ekstrovert menuliskan informasi yang diketahui tidak lengkap namun pada saat wawancara bisa menjelaskan informasi yang diketahui, tahap kedua menentukan tujuan siswa ekstrovert menuliskan dan menjelaskan informasi yang ditanyakan dengan lengkap. Tahap ketiga mengeksplorasi kemungkinan strategi, siswa ekstrovert tidak menuliskan dan menjelaskan secara detail strategi yang digunakan. Tahap keempat mengantisipasi hasil dan bertindak, siswa ekstrovert mengaplikasikan strategi yang dipilih. Tahap kelima melihat dan belajar, siswa tidak memeriksa solusi yang diperoleh.

Keywords


Pemecahan Masalah, Pemecahan Masalah IDEAL, Ekstrovert

Full Text:

PDF

References


. Alwisol. 2014. Psikologi Kepribadian. Malang, Indonesia: UMM Press.

. Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta, Indonesia: Aswaja pressindo.

. Aryanto, E. W., Suharto, S., Setiawan, T. B., Hobri, H., & Oktavianingtyas, E. (2018). Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah MAtematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Menurut David Keirsey. KadikmA, (Online), 9(2), 185-193. (https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/10493/6571), diunduh 27 November 2021.

. Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. (Online), (http://www.jdih.bpk.go.id), diunduh 29 September 2021.

. Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas. (Online), (http://www.jdih.bpk.go.id), diunduh 29 September 2021.

. Jazuli, A., & Lathifah, M. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Soal Cerita Berdasarkan Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert Siswa SMP Negeri 6 Rembang. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 4(1), 23-32. (http://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/article/view/7352), diunduh 10 Juli 2022

. Juliansa, M. F., Kartinah, K., & Purwosetiyono, F. D. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 133-137. (http://103.98.176.9/index.php/imajiner/article/view/4459), diunduh 10 Juli 2022

. NCTM. (2000). Executive Summary Principle and Standards for School Mathematics. (Online). (https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf), diunduh 1 Oktober 2021.

. Putri, W. A., & Masriyah, M. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Segiempat Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert. MATHEdunesa, 9(2), 392-401. (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/35800/31840), diunduh 10 Juli 2022

. Rudianti, R., Aripin, A., & Muhtadi, D. (2021). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), 10(3), 437-448. (https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n3_09), diunduh 12 Oktober 2021.

. Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, (Online), 2(1). (https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117) , diunduh 12 Oktober 2021

. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: CV. Alfabeta

. Suryabrata, S. (2013). Psikologi Kepribadian. Jakarta, Indonesia: PT Rajagrafindo Persada.

. Yanti, A. P., & Syazali, M. (2016). Analisis proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Bransford dan Stein ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), 7(1), 63-74. (http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/132), diunduh 27 September 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.