EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN OUTDOOR UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL DI SDN CANDIMULYO

Bintang Dwi Syah Putra, Agung Kesna Mahatmaharti

Abstract


Pendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan manusia, secara umum pendidikan diartikan sebagai pengajaran yang diselenggarakan oleh sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Banyak peserta didik di salah satu sekolah yang saya tempati waktu mengikuti program kampus mengajar 3 yang diadakan oleh kemendikbud dimana mahasiswa melakukan pengabdian di sekolah sesuai yang ditentukan. SDN Candimulyo yang saya tempati selama 5 bulan menunjukkan bahwa peserta didik melakukan pembelajaran di dalam kelas selalu menengok ke luar jendela atau ke luar kelas, menunjukkan bahwa para peserta didik terkadang tidak fokus dalam pembelajaran didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk  (a) mendeskripsikan kondisi peserta didik dalam menerapkan ketrampilan sosial (b) untuk mengetahui penerapan pembelajaran outdoor yang sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar, dan (c) mengetahui dampak pembelajaran outdoor dalam ketrampilan sosial peserta didik. Hasil ketrampilan peserta didik lebih meningkat dan menunjukan ketrampilan bekerjasama, ketrampilan mengontrol diri dengan baik, dan berbagi pemikiran dengan teman sebayanya. Bentuk permainan atau game yang menjadi salah satu bentuk pembelajaran yang disesuaikan untuk peserta didik menjadi hal yang dilakukan untuk lebih menarik perhatian peserta didik, serta dampak yang yang terlihat seperti penguatan karakter disiplin, penguatan rasa tanggung jwab, dan penguatan rasa peduli ke sesama. Manfaat penelitian ini antara lain (1) bagi peserta didik diharapkan penerapan pembelajaran diluar kelas ini berdampak baik kepada mereka terkhusus pada ketrampilan sosial mereka diluar kelas. (2) bagi guri semoga pembelajaran outdoor menjadi metode belajar yang dapat menitik beratkan interaksi guru dan peserta didik yang baik dalam berinteraksi satu sama lain dan dapat memahami materi yang dapat diberikan kepada para peserta didik

Keywords


Ketrampilan sosial, Pembejaran outdoor, efektifitas

Full Text:

PDF

References


. PeraturanMenetriPendidikandanKebudayaanRepublik Indonesia Nomor 24 Tahun2016 tentangKompetensi Inti danKompetensiDasarPadaKurikulum 2013Pendidikan DasardanMenengah, 2016.

. Hardi. 2018. Ketrampilan Sosial Peserta didik SD Negeri ParePare. (Online), (http://repository.uin-alauddin.ac.id)diakses20 Agustus 2022.

. Asnawati. 2019. Pembelajaran Outdoor dalam meningkatkan skillpeserta didik. (Online), (https://journal.unita.ac.id)diaksespada 20 Agustus 2022.

. Resma. 2016. Meningkatkan ketrampilan sosial siswa dalam bentuk belajar diluar kelas. (Online), (https://media.neliti.com/media)DiaksesPada21Agustus 2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.