stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FUNGSI VARIABEL KOMPLEKS PADA PEMBELAJARAN DARING | Wahyuni | Prosiding Conference on Research and Community Services

ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FUNGSI VARIABEL KOMPLEKS PADA PEMBELAJARAN DARING

Dwi Wahyuni, Wiwin Sri Hidayati, Abd. Rozak

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kritis mahasiswa yang berkemampuan matematika  rendah, sedang dan tinggi dalam pemecahan masalah fungsi Variabel Kompleks pada pembelajaran daring. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester VI terdiri dari 3 mahasiswa di pilih berdasarkan kemampuan matematika rendah, sedang dan tinggi. Indikator berpikir kritis berdasarkan pendapat Eliana Crespo (2012). Hasil penelitian menunjukan bahwa proses berpikir kritis mahasiswa yang berkemampuan matematika rendah  dalam pemecahan masalah persamaan polinomial  memenuhi 2 indikator, Proses berpikir kritis mahasiswa yang berkemampuan matematika sedang  dalam pemecahan masalah persamaan polinomial memenuhi 2 indikator dan proses kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang berkemampuan matematika tinggi  dalam pemecahan masalah persamaan polinomial  memenuhi 4 indikator sehingga pendidik dapat menyusun sebuah model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses berpikir kritis akan  memberikan arahan yang lebih tepat dalam berpikir dan membantu lebih akurat dalam menentukan keterkaitan sesuatu dengan lainnya, oleh sebab itu proses berpikir kritis sangat diperlukan dalam pemecahan masalah

Keywords


Berpikir Kritis, Pemecahan masalah, Fungsi variable Kompleks,Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


. BNSP,2006, Standar Isi, Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar SMP/MTs . Badan Nasional Standar Pendidikan, Jakarta

. Emily R. Lai, 2011, Critikal Thinking A Literature Review Research Report Always Learning. Pearson.

. Ennis, RH. (2000). An outline of goals for a critical thinking curriculum and its assessment.

. Lippa, Richard A, 2010, Gender Differences in personality and interests: When, Where, and Why, Chalifornia, Blackweell Publishing.

. Halpern, D. F., 2004, A cognitive-process taxonomy for sex differences in cognitive abilities. Current Directions in Psychological Science, 13(4), 135–139.

. Solso, Robert L. Dkk.(2008). Psikologi kognitif Edisi Delapan, Jakarta : Erlangga.

. Willingham, D.T., 2007, Critikal thinking: Why is it so hard to tech ? American Educator.

. Krulik, Stephen & Rudnick, Jesse A. Innovative Tasks to Improve Critical and Creative Thingking Skills


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol