ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FUNGSI VARIABEL KOMPLEKS PADA PEMBELAJARAN DARING | Wahyuni | Prosiding Conference on Research and Community Services
Prosiding Conference on Research and Community Services
ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FUNGSI VARIABEL KOMPLEKS PADA PEMBELAJARAN DARING
Dwi Wahyuni, Wiwin Sri Hidayati, Abd. Rozak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kritis mahasiswa yang berkemampuan matematika rendah, sedang dan tinggi dalam pemecahan masalah fungsi Variabel Kompleks pada pembelajaran daring. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester VI terdiri dari 3 mahasiswa di pilih berdasarkan kemampuan matematika rendah, sedang dan tinggi. Indikator berpikir kritis berdasarkan pendapat Eliana Crespo (2012). Hasil penelitian menunjukan bahwa proses berpikir kritis mahasiswa yang berkemampuan matematika rendah dalam pemecahan masalah persamaan polinomial memenuhi 2 indikator, Proses berpikir kritis mahasiswa yang berkemampuan matematika sedang dalam pemecahan masalah persamaan polinomial memenuhi 2 indikator dan proses kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah persamaan polinomial memenuhi 4 indikatorsehingga pendidik dapat menyusun sebuah model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses berpikir kritis akan memberikan arahan yang lebih tepat dalam berpikir dan membantu lebih akurat dalam menentukan keterkaitan sesuatu dengan lainnya, oleh sebab itu proses berpikir kritis sangat diperlukan dalam pemecahan masalah
Keywords
Berpikir Kritis, Pemecahan masalah, Fungsi variable Kompleks,Pembelajaran Daring
. BNSP,2006, Standar Isi, Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar SMP/MTs . Badan Nasional Standar Pendidikan, Jakarta
. Emily R. Lai, 2011, Critikal Thinking A Literature Review Research Report Always Learning. Pearson.
. Ennis, RH. (2000). An outline of goals for a critical thinking curriculum and its assessment.
. Lippa, Richard A, 2010, Gender Differences in personality and interests: When, Where, and Why, Chalifornia, Blackweell Publishing.
. Halpern, D. F., 2004, A cognitive-process taxonomy for sex differences in cognitive abilities. Current Directions in Psychological Science, 13(4), 135–139.
. Solso, Robert L. Dkk.(2008). Psikologi kognitif Edisi Delapan, Jakarta : Erlangga.
. Willingham, D.T., 2007, Critikal thinking: Why is it so hard to tech ? American Educator.
. Krulik, Stephen & Rudnick, Jesse A. Innovative Tasks to Improve Critical and Creative Thingking Skills
Refbacks
There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services
Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)
Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia
Currently,Prosiding Conference on Research and Community Servicesis indexed by: