Abstract
Artikel ini dilatarbelakangi tingginya interaksi yang muncul dalam proses pembelajaran yang dihasilkan dalam proses pembalajaran di Madrasah Ibtidaiyah Darul Faizin Catakgayam Mojowarno Jombang. Lingkungan agamis yang berada di masyarakat sekitar menjadi dasar keunikan beberapa tindakan. Lingkungan pondok pesantren mempengaruhi tindakan siswa-siswi terhadap tuturan yang disampaikan oleh guru di dalam proses pembelajaran, khususnya pada kelas V tahun pelajaran 2021-2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis ilokusi yang muncul dalam proses pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Faizin Catakgayam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, karena untuk mendeskripsikan jenis ilokusi yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Faizin Catakgayam. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik rekam dan pencatatan data (transkrip data), setelah itu dilanjutkan dengan identifikasi data untuk memudahkan klasifikasi dan pengecekan data, terakhir adalah analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tindak tutur ilokusi pada kegiatan pembelajaran. Jenis tindak tutur ilokusi yang ditemukan dalam penelitian ini yakni jenis representatif, komisif, direktif, ekspresif, dan deklaratif. Bentuk ilokusi merupakan tindak ujar yang bertujuan untuk melakukan suatu tindakan dalam mengatakan sesuatu, serta dipergunakan untuk melakukan sesuatu dengan maksud dan fungsi tertentu. Berdasarkan temuan data tersebut dapat disimpulkan bahwa tindak tutur ilokusi adalah tindak tutur yang dominan muncul dalam proses pembelajaran tematik kelas V di MIS Darul Faizin Catakgayam kecamatan Mojowarno kabupaten Jombang.
Keywords
Tindak tutur, Ilokusi, Pembelajaran tematik
References
. Adhiguna, I.M.P., Susrawan, I.N.A., Erawan, D.G.B. (2019). Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI MIPA 7 SMA N 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Bakti Saraswati, (Online) 08 (02): 204-2011, (https://e-journal.unmas.ac.id), diunduh 15 Maret 2022.
. Djajasudarma, T.F. (2006). Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Refika Aditama.
. Ibrahim, A.S. (1993). Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.
. Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
. Mahsun, M.S. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan strategi, Metode, dan tekniknya Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
. Putrayasa, I. B. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu
. Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
. Yule, G. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services