stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
IMPLEMENTASI KEGIATAN TAMBAHAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DI SDN PULOREJO 1 KOTA MOJOKERTO | Surya Putra | Prosiding Conference on Research and Community Services

IMPLEMENTASI KEGIATAN TAMBAHAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DI SDN PULOREJO 1 KOTA MOJOKERTO

Frelanditho Rahmat Surya Putra, Diah Puji Nali Brata

Abstract


Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, tidak hanya sekedar untuk tuntutan saja tetapi juga suatu kebutuhan yang pokok. Permasalahan literasi yang muncul karena pengembangan kemampuan membaca masih dipersepsikan sebagai bagian dari tanggung jawab mata pelajaran bahasa saja.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (a) kondisi literasi di SDN Pulorejo 1 Kota Mojokerto, (b) kondisi berfikir kritis di SDN Pulorejo 1 Kota Mojokerto, (c) bentuk kegiatan tambahan literasi di SDN Pulorejo 1 Kota Mojokerto, (d) dampak kegiatan tambahan literasi pada berfikir kritis peserta didik di SDN Pulorejo 1 Kota Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kondisi literasi di SDN Pulorejo 1 Kota Mojokerto terlaksana kurang baik. (2) Kondisi berfikir kritis pada peserta didik sebelum terlaksana dengan baik kegiatan tambahan literasi yaitu peserta didik hanya mampu memahami suatu permasalahan dengan cara pandang yang lemah. (3) Bentuk kegiatan tambahan literasi pada peserta didik di SDN Pulorejo 1 Kota Mojokerto yaitu dengan kegiatan membaca buku cerita yang ada di sudut baca kelas selama 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. (4) Dampak yang muncul dari kegiatan tambahan literasi pada berfikir kritis peserta didik adalah mereka telah mampu menyimpulkan dan menafsirkan persoalan yang dihadapi.

Keywords


Berpikir Kritis, Peserta Didik, Literasi.

Full Text:

PDF

References


. Adinda, A. 2016. “Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Logaritma. IV (1): 125-138, https://adoc.pub/berpikir-kritis-dalam-pembelajaran-matematika-oleh-anita-adi.html , diakses pada tanggal 6 Agustus 2022

. Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari pucuk hingga akar: sebuah refleksi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. http://repositori.kemdikbud.go.id/4809/ , diakses pada tanggal 7 Agustus 2022

. Hartati, T. 2017. Multimedia in Literacy Development At Remote Elementary Schools in West Java (Multimedia Dalam Pengembangan Literasi Di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat). Edutech, 15 (3): 301-310. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/4873 , diakses pada tanggal 7 Agustus 2022

. Inch , 2015. Critical Thinking and Communication, The Use of Reason in Argument. Boston: Pearson Education, Inc. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=937633 , diakses pada tanggal 7 Agustus 2022

. Muhammad, E.B., Sholichah, A.S., & Aziz, J.A. (2019). Pengaruh Budaya Membaca Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMP Islam Al Syukron Universal Ciputat, Jurnal Pendidikan Islam, 1(2) 332–343. http://jurnalptiq.com/index.ph p/andragogi/article/view/61 , diakses pada tanggal 6 Agustus 2022

. Oktariani, 2020, PERAN LITERASI DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, http://jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/article/view/11 , diakses pada tanggal 7 Agustus 2022

. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2013, https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/141546/permendikbud-no-23-tahun-2013, diakses pada tanggal 7 Agustus 2022

. Resti, 2021. Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. https://core.ac.uk/download/pdf/335289337.pdf , diakses pada tanggal 7 Agustus 2022

. Sani. 2019. Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills. Tangerang: Tsmart Printing. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=GrfrDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Sani.+2019.+Pembelajaran+HOTS+(Higher+Order+Thinking+Skills.+Tangerang:+Tsmart+Printing&ots=kHAPK-Ztu0&sig=n49NPYSqq4PwU7SmYRmkRMFPCbU&redir_esc=y#v=onepage&q=Sani.%202019.%20Pembelajaran%20HOTS%20(Higher%20Order%20Thinking%20Skills.%20Tangerang%3A%20Tsmart%20Printing&f=false , diakses pada tanggal 6 Agustus 2022

. Sari, C. P. 2018. Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Padas Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten. https://eprints.uny.ac.id/57375/ , diakses pada tanggal 7 Agustus 2022

. Septiary. 2020. PELAKSANAAN PROGRAM GREAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/17514/16880 , diakses pada 7 Agustus 2022

. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. Tahmidaten, 2019, PERMASALAHAN BUDAYA MEMBACA DI INDONESIA, https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi539On1M75AhWW63MBHTjECJ8QFnoECAcQAQ&url=https%3A%2F%2Fcore.ac.uk%2Fdownload%2Fpdf%2F287170379.pdf&usg=AOvVaw18D_jP71XtLl-a9z0nRQZz , diakses pada tanggal 6 Agustus 2022

. Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2003, https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003#:~:text=Dalam%20UU%20ini%20diatur%20mengenai,bahasa%20pengantar%3B%20dan%20wajib%20belajar, diakses pada tanggal 6 Agustus 2022

. Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol