ANALISIS KREATIVITAS SISWA MTS NIZHAMIYAH PLOSO DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA STATISTIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR

Hakim Akbar Firmansyah, Oemi Noer Qomariyah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kreativitas siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita materi statistika. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 subjek berdasarkan gaya belajar siswa kelas 8 Ma’wa MTs Nizhamiyah Ploso. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengisian angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas subjek gaya belajar visual untuk kefasihan subjek menyelesaikan soal yang diberikan secara lancar. Untuk fleksibilitas subjek menyelesaikan soal cerita menggunakan dua cara yang berbeda. Untuk keterincian subjek menjelaskan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita secara rinci dan runtut dari awal sampai akhir. Untuk kebaruan subjek hanya memiliki dua cara yang sudah digunakan untuk menyelesaikan soal cerita. Kreativitas subjek gaya belajar auditorial untuk kefasihan subjek menyelesaikan soal cerita yang diberikan secara lancar. Untuk fleksibilitas subjek menyelesaikan soal cerita menggunakan satu cara. Untuk keterincian subjek menyelesaikan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita secara rinci dan runtut dari awal sampai akhir. Untuk kebaruan subjek lebih mudah menyelesaikan soal cerita hanya dengan satu rumus yang sudah dipahami. Kreativitas subjek gaya belajar kinestetik untuk kefasihan subjek menyelesaikan soal cerita yang diberikan secara lancar. Untuk fleksibilitas subjek menyelesaikan soal cerita menggunakan satu cara. Untuk keterincian subjek menjelaskan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita secara rinci dan runtut dari awal sampai akhir. Untuk kebaruan subjek hanya menyelesaikan soal dengan rumus yang sudah ada dan adanya diagram batang sebagai pendukung.

Keywords


Kreativitas, Soal cerita, Gaya belajar

Full Text:

PDF

References


. Khuluqo, Ihsana El. (2017). Pembelajaran Belajar Dan Pembelajaran Konsep Dasar, Metode Dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

. Siswono, Tatag Yuli Eko. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

. Siswono, Tatag Yuli Eko. (2019). Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

. Widayanti, F.D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas https://www.researchgate.net/publication/331402135_PENTINGNYA_MENGETAHUI_GAYA_BELAJAR_SISWA_DALAM_KEGIATAN_PEMBELAJARAN_DI_KELAS/fulltext/5c77d824a6fdcc4715a2a877/PENTINGNYA-MENGETAHUI-GAYA-BELAJAR-SISWA-DALAM-KEGIATAN-PEMBELAJARAN-DI-KELAS.pdf diakses tanggal 28 Oktober 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.