PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL

Indah Husna Al Hidayah, Akhmad Sauqi Ahya

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya kemampuan keterampilan bermain drama siswa kelas V SDN Sembung Perak Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain drama pada siswa kelas V SDN Sembung Perak Jombang menggunakan metode role playing berbantu media audiovisual. Metode pembelajaran role playing merupakan bagian dari strategi pembelajaran aktif yang bertujuan untuk mengaktifkan peran siswa dalam proses pembelajaran. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan peningkatan keterampilan bermain drama untuk aspek lafal dan intonasi. Aspek lafal nilai rata-ratanya 79.16, dan aspek intonasi nilai rata-ratanya 71.66. Pada siklus II menunjukkan peningkatan bermain drama untuk aspek lafal, intonasi, dan ekspresi. Aspek lafal nilai rata-ratanya 82.08, aspek intonasi nilai rata-ratanya 77.08 dan aspek ekspresi nilai rata-ratanya 74.58. Pada akhir siklus III menunjukkan peningkatan keterampilan bermain drama untuk aspek lafal, intonasi, ekspresi, gerak dan pengahayatan. Aspek lafal nilai rata-ratanya 92.08, aspek intonasi nilai rata-ratanya 88.33, aspek ekspresi nilai rata-ratanya 89.16, aspek gerak nilai rata-ratanya 90 dengan dan aspek penghayatan nilai rata-ratanya 89.58. Dengan demikian bahwa melalui metode pembelajaran role playing berbantu media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan bermain drama siswa kelas V SDN Sembung Perak Jombang tahun ajaran 2021/2022

Keywords


bermain drama, metode role playing, audiovisual

Full Text:

PDF

References


. Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa & Apresiasi Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.

. Alwi, Hasan. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka.

. Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Bumi Aksara..

. Yusoff, M, Rahman, S.,A., Mutalib, S., and Mohammed, A. , 2006, Diagnosing Application Development for Skin Disease Using Backpropagation Neural Network Technique, Journal of Information Technology, vol 18, hal 152-159.

. Aswan Zain dan Syaiful Bahri Djamarah. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

. Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk sekolah dasar/MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.

. Endraswara, Suwardi. 2005. Metode Dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta : Buana Pustaka.

. Harymawan, RMA. 1993. Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

. Hasanah, Mauidlotul. 2014. Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Metode Pembelajaran Role playing Pada Siswa Kelas XI IPA 1 MAN Rejoso Peterongan Jombang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi: STKIP PGRI Jombang.

. Hidayati. 2002. Pendidikan Ilmu Pengetahuan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: FIP UNY.

. Kosasih, Engkos. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Nobel Edumedia. Jakarta..

. Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Indeks. Jakarta.

. Layla, Azizatul. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Teks Drama Siswa Kelas VIII SMPN Jatikalen Nganjuk Melalui Metode Role playing Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi: STKIP PGRI Jombang.

. Moedjiono, Moh. Dimyati. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

. Mulyasa, 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

. Nurdin, Syafruddin, dan Adrianyoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

. Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEE.

. Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

. Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

. Sumiati & Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

. Uno, Hamzah. B. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

. Waluyo, Herman J. 2007. Drama Teori Dan Pengajarannya. Yogyakarta: PT Haninditra Graha Widya.

. Wellek, Rene dan Warren, Austin. 1989. Teori kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia.

. Wibawa, Basuki dan Farida Mukti. 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV Maulana.

. Wiyanto, Asul. 2002. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Gasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.