KESULITAN SISWA TERHADAP TEKS BAHASA INGGRIS

Muhammad Farhan Rafi, Suharyono ., Abdullah Farih

Abstract


Membaca merupakan sebuah ketrampilan yang sangat penting, banyak hal akan bisa didapatkan dengan membaca. Siswa akan memperoleh informasi atau pengetahuan yang mereka belum mengetahui sebelumnya dari membaca teks atau bacaan. Dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris, Bacaan atau teks Bahasa Inggris merupakan materi yang harus diperoleh oleh siswa. Jika siswa mengalami kesulitan dalam memahami teks atau bacaan, maka ini akan mempengaruhi pemahaman dan tentunya akan mempengaruhi hasil belajar mereka. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa dalam memahami bacaan atau teks Bahasa Inggris dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan deskriptif statistic. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Kuesioner ini diadopsi dari beberapa sumber dengan menyesuaikan kebutuhan penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Amin Mojokerto tahun ajaran 2021-2022. Berdasarkan dari hasil penelitian terdapat 6 kategori kesulitan memahami teks yaitu latar belakang tentang pengetahuan siswa terhadap teks, pemahaman siswa terhadap kalimat dalam teks, kosakata Bahasa Inggris siswa, motivasi siswa terhadap teks, memory siswa terhadap teks dan pemaham siswa terhadap struktur teks. Namun Kosa kata dan kalimat dalam teks merupakan kategori yang membuat kesulitan siswa dalam memahamu teks Bahasa Inggris

Keywords


Pemahaman membaca, Kesulitan dalam memahami bacaan

Full Text:

PDF

References


. Panggabean, H. 2016. Urgensi dan posisi bahasa Inggris di Indonesia.

. Hasibuan, A., Irmayana, A., & Siregar, O. 2021. An Analysis of Students’ difficulties on Reading Comprehension of Descriptive Text at The Eighth Grade of SMP Negeri 2 Barumun Tengah in 2020/2021 academic year. Jurnal education and development, 9 (3), 605-608.

. Putra, E., & Munawwaroh, K. 2021. The Students’ Difficulties in Reading Comprehension at The Second Semester of English Department at Batanghari University. JELT: Journal of English Language Teaching, 5(1), 86-93.

. Oberholzer, B. 2005. The Relationship between Reading Difficulties and AcademicPerformance (Submitted in part fulfiIment of the requirements for the degree of M Ed (Ed. Psych). (Online). Vol. xii, 119 leaves. University of Zululand's Library Catalogue. (http://uzspace.uzulu.ac.za/handle/10530/398).

. Samsu S. 2011. Strategi Dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Dalman. 2013. Kemampuan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

. Harjasujana, A. S. 2000. Keterampilan Membaca. Jakarta: Karunika Jakarta.

. Oktaviani, M.E. 2017. Korelasi Minat Baca Terhadap Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vimin 1 Lampung Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

. Dalman. 2013. Kemampuan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

. Hasibuan, A., Irmayana, A., & Siregar, O. 2021. An Analysis of Students’ difficulties on Reading Comprehension of Descriptive Text at The Eighth Grade of SMP Negeri 2 Barumun Tengah in 2020/2021 academic year. Jurnal education and development, 9 (3), 605-608

. Irwanto & Nurpahmi, S. 2017. Menggunakan Make-A Match untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Di MTS Guppi Samata Gowa. Jurnal UIN Alauddin Makasar. Jilid 3 Nomor 02 Tahun 2017: 161-172.

. Harmer, Jeremy. 2007. The Pratice of English Language Teaching 4th Edition. England: Pearson Education Limited


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.