Abstract
Menulis merupakan wujud kemahiran berbahasa yang mempunyai manfaat bagi kehidupan, khususnya para siswa yaitu dengan menulis para siswa dapat menuangkan segala keinginan hati, perasaan, pikiran, sindiran, kritikan, dan lainnya. Kaitannya dengan kegiatan menulis karangan seperti menulis teks negosiasi dibutuhkan pengetahuan tentang negosiasi dan keterampilan kebahasaan. Kebanyakan siswa kesulitan dalam menyusun teks negosiasi dan menentukan struktur dari teks negosiasi tersebut. Salah satu metode pembelajaran yang mampu membangun keatifan dan kreativitas siswa adalah Modeling The Way. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Modeling The Way terhadap hasil belajar keterampilan menulis siswa kelas X SMA A. Wahid Hasyim Perak Jombang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen model one group pretest-posttest design. Pengambilan data menggunakan soal pretestdan posttest yang dinyatakan valid dan reliabel. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS 20 dan manual diperoleh perhitungan yaitu Sig (2-tailed)˂ α = 0,000 ˂ 0,05. Sehingga didapatinilai probalitas uji t berada pada penolakan H0. Sedangkan tabel Paired Samples t Test diperoleh data thitung = 6,123 dengan ttabel= 1,69913 karena nilai thitung> ttabel yaitu 6,123 > 1,69913, maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Modeling The Way terhadap hasil belajar keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas SMA A. Wahid Hasyim Perak Jombang Jombang tahun pelajaran 2021/2022.
Keywords
Modeling The Way, Hasil Belajar, Keterampilan Menulis
References
. Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
. Bungin, B. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
. Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Pajawali Pers.
. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (2015). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
. Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
. Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
. Rozak, & Hidayati. (2013). Pengolahan dengan SPSS. Malang: Intrans Gramedia.
. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R and D. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services