stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF | Setyabekti | Prosiding Conference on Research and Community Services

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Rengga Adi Setyabekti, Wiwin Sri Hidayati

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek utama dalam pembelajaran matematika yang diperlukan oleh siswa, namun Setiap individu memiliki perbedaan kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah maupun menangkap informasi yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi matematis tulis siswa ditinjau dari gaya kognitif yaitu field dependent dan field independent pada model pada soal open-ended.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Seluruh siswa kelas VII SMP SICH Jombang sebagai populasi dan dengan menggunakan teknik cluster sampling terpilih siswa kelas VII sebagai sampel. Subjek penelitian ini adalah dua siswa kelas VII SMP SICH Jombang, yang dipilih satu siswa dengan gaya kognitif field dependent dan satu siswa dengan gaya kognitif field independent. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes Group Embedded Figure Test (GEFT) yang dikembangkan oleh Witkin (1973). Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data kualitatif dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/ verifikasi. Indikator dari penelitian ini adalah: (1) siswa menjelaskan secara tulisan apa saja yang diketahui dan ditanyakan, (2) siswa menghubungkan ide matematika dengan penggunaan rumus yang tepat serta mampu menjelaskan, (3) Siswa menuliskan langkah-langkah penyelesaian matematika dengan lengkap dan jelas, (4) siswa menyusun pendapat dan merumuskan definisi, (5) siswa menghubungkan benda/situasi nyata ke dalam ide matematika berbentuk gambar/diagram, (6) siswa menjelaskan ide, situasi, dan relasi (hubungan) matematika secara tulisan dengan benda nyata dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi matematis tulis siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal open-ended belum melaksanakan semua indikator dalam penelitian, sedangkan  siswa yang mempunyai gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soal open-ended sudah melaksanakan semua indikator dalam penelitian.

Keywords


Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis, Gaya Kognitif, Soal Open-Ended

Full Text:

PDF

References


Yuniarti, Y. (2014).Pengembangan kemampuan komunikasi matematis dalam Pembelajaran matematika di sekolah dasar. EduHumaniora, 6(2), 109-114. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4575.

NCTM. (2000). Principles and Standards for Shcool Mathematics. Reston: Va. National Council of Teachers of Mathematics.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual melalui Game Adobe Flash cs 4.0. Infinity Journal, 4(2), 197-222. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.84.

Khaini, F. N. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Mengubah Soal Cerita menjadi Model Matematika pada Siswa Kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(4), 459-469.

Ansari, B. I. (2012). Komunikasi Matematik dan Politik. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Nurlita, M. (2015). Pengembangan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 38-49. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9106.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum: Pedoman Umum Pembelajaran.

Junita, R. (2016). Kemampuan Representasi dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Gaya Kognitif. PHYTAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 193-206. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10655.

Witkin, H.A., (1973). The Role of Cognitive Style In Academic Performance And In Teacher-Student Relations. Research Bulletin. New Jersey: Educational Testing Service.

Nuriana, Khamida . (2017). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Kelas Vii Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Model Pembelajaran Problem-Based Learning. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/32152/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol