stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR | Wachid | Prosiding Conference on Research and Community Services

PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR

Salsa Nabilla Wachid, Shanti Nugroho Sulistyowati

Abstract


Pandemi Covid-19 berdampak pada pendidikan Indonesia pada tahun 2020, yang mengalami pergeseran dari pembelajaran offline (pembelajaran tatap muka) menjadi pembelajaran online (komunikasi melalui jaringan). Media berbasis teknologi sangat dibutuhkan untuk pembelajaran online. Antusias siswa dalam belajar dapat dipengaruhi oleh penggunaan teknologi selama kelas. Tujuan penelitian ini untuk memastikan apakah penggunaan teknologi mempengaruhi motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Penelitian non-probability sampling menggunakan sampling jenuh dengan jumlah sampel 40 siswa merupakan metodologi yang digunakan. prosedur pengumpulan data yang meliputi survei, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses regresi linier sederhana digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil  yang diperoleh adalah  menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan gadget terhadap motivasi belajar dilihat dari hasil signifikansi sebesar 0,001< 0,05. Bersarnya sumbangan pengaruh gadget terhadap motivasi belajar siswa SMK Bisri Syansuri  sebesar 26,4%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan gadget memiliki dampak yang menguntungkan.

Keywords


penggunaan gadget, motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


. Agusta, Gerdania. 2018. Pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar mahasiswa melalui motivasi belajar.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta

. Dewanti, T. D. (2016). Hubungan Keterampilan Social dan Penggunaan Gadget Smartphone dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian bimbingan dan konseling, 1,3 126-131.

. Iswidharmanjaya, D.,&AgencyB. Bila Si Kecil Bermain Gadget. Jakarta: EGC; 2014

. Kebijkan Kemendikbud di masa Pandemi, 2020, (online),tersedia di: https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kebijakan-kemendikbud-di-masa-pandemi (28-12-2021/11:20)

. Kebijkan Kemendikbud di masa Pandemi, 2020, (online),tersedia di: https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kebijakan-kemendikbud-di-masa-pandemi (28-12-2021/11:20)

. Kebijkan Kemendikbud di masa Pandemi, 2020, (online),tersedia di: https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kebijakan-kemendikbud-di-masa-pandemi (28-12-2021/11:20)

. Kursiwi, 2016. “Dampak Penggunaan gadget terhadap interaksi sosial Mahasiswa Semester V Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syrarif Hidayatullah Jakarta”, Skripsi S1 Kearsipan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh Jakarta, Hlm: 13

. Nurmalasari, Devi. 2018. Pengaruh Penggunaan GadgetTerhadap Tingkat Prestasi Siswa SMPN Satu Atap Pakisjaya Karawang.Jurnal IlmuPengetahuan dan Teknologi Komputer. 3(2) : 111-118.

. Rohmah,Chusna.(2017). Pengaruh Penggunaan Gadget dan lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammdiyah 2 Yogyakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

. Rahayu R, Asri Anggraeni Dkk. (2018). “Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi” Dalam Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 1, Nomor 2, Maret 2018

. Sardiman. 2011. interaksi dan motivasi belajar mengajar.jakarta.Rajawali pres

. Uno, Hamzah. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

. Warisyah Y.2015. Pentingnya Pendampingan dialogis orangtua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan, 130-138

. Wulandari, Jumairoh. 2020. “Pengaruh Penggunaan Gadget dan kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Dabin VI.Skripsi. Semarang. Sarjana Universitas Negeri Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol