KEPRAKTISAN PERANGKAT PEMBELAJARAN (RPP DAN SILABUS) DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE WORD PRESS BERBASIS 5.0 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI SMA NEGERI1 2X11 KAYUTANAM

Sri Wahyuni, Jimi Ronald, Vivina Eprillison

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis website wordpress sebagai salah satu sumber belajar online yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitan research and development (penelitian dan pengembangan) yang dikembangkan melalui perangkat pembelajaran RPP dan Silabus  berbasis wordpress dengan menggunakan model ADDIE. Dimana terdapat lima tahapan yaitu tahap analysis, design, developmen, implementasi dan eveluation.  Pada penelitian ini peneliti  melakukan tahap kepraktisan perangkat pembelajaran RPP dan silabus. Populasi penelitian ini adalah siswa SMAN 2X11 Kayu tanam. Teknik pengembangan perangkat RPP dan Silabus dengan melihat kepraktisan perangkat tersebut. Kemudian implementasi, untuk memperoleh respon prakitkalitas menggunakan angket praktikalitas terhadap guru ekonomi dan 25 orang siswa, dengan nilai praktikalitas adalah 86,75 % bagi dengan kategori sangat praktis. Dengan empat indikator: Aspek penyajian dengan tingkat capaian 88 %, Aspek penggunaan dengan kriteria 83% dengan kategori sangat praktis. Untuk Aspek keterbacaan dengan kriteria 88 %  dengan kategori sangat parktis. Untuk aspek waktu dengan kriteria 88 % dengan kategori sangat praktis. Dari hasil penelittian yang telah didapatkan bahwa perangkat penbelajaran RPS dan silabus sangat valid maka perangkat pembelajaran ini sangat layak dan bermanfaat sekali untuk digunakan.

Keywords


RPP, Silabus, Wordpress

Full Text:

PDF

References


. Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 . Bandung: PT Remaja RosdakaryaArdy

. Wiyani Novan. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia. Dini. Yogyakarta: Gava Media

. Zuhdan, dkk. (2013). Pengembangan Perangkat pembelajaran sains terpadu untuk meningkatkan kognitif, keterampilan proses, kreativitas serta menerapkan konsep ilmiah peserta didik SMP. Program Sarjana UNY.

. Nasrin. (2018). Model Pembelajaran. Depok : Rajagrafindo Persada.

. Dewangga Anjarkusuma. (2014). Penggunaan Aplikasi CMS Wordpress Untuk Merancang Website Sebagai Media Promosi pada Maroon Wedding Malang. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 63–69.

. Sri Wahyuni, Mona Amelia. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Di SMA PGRI Se-Kota Padang. Annual National Conference for Economics and Economics Education Vol. 1;2019

. Sri Wahyuni, Jimi Ronald, Vivina Eprillison` DEVELOPMENT OF LEARNING DEVICES (LKS) BASED ON 5.0 USING THE WORD PRESS WEBSITE. Journal Of Economic And Economic Education. Vol 10, No 1 (2021)

. Sakina Tees, Yoseph Paramata, Mursalin. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Kontruktivismepada Topik Gerak Pada Benda. Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. V(3); I(1);2018

. Mankiw N, Gregory. 2012. Pengantar Ekonomi Mikro. Edisi Asia - Volume 1. Jakarta. Salemba Empat

. Sukirno Sadono. (2013). Mikroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PTRaja Grafindo Persada.

. Rini Supreni, Rita Zahara, Bella Anantha Stitumini. (2017). Pengaruh Model Problem Bases Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, V(3); I(2), 2017

. Putri Nandita Apsari. (2015). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear

. Lisiswanti (2015). Hubungan Pendekatan Pembelajaran Dan Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Kesehatan. Sri Wijaya

. Andrijati, Noening. 2014. Peningkatan Kualitas Perkuliahan. Jakarta: Bumi Aksara

. Falahudin, iwan (2014)' Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar widya Liswana.

. Wiryandito, B. A. A., Syamsul, L. A., & Akbar, I. (2014). Menggunakan Integrasi Wordpress Dan Open-Sid Berbasis Design Of Village Information System Using Wordpress And OPEN-SID. Jurusan Teknik Elektro Universitas Mataram NTB

. Masitah (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir. Proceeding Biology Education Conference, V(15); I(1), 40 – 44

. Isnawardatul Bararah (2017). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Mudarrisuna, V(7);I(1), 40 – 44

. Wahyuhono (2016). Peningkatan Kompetensi Menyusun Silabus Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan Bagi Guru SD N 2 Telawah Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Pada Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dasar, V(6); I(2), 90 – 95

. Afif Rofi, Atmazaki, Abdurahman (2014). Pengembangan Buku Teks Pembelajaran Berbasis Kontekstualdalammateri Proses Morfologis Bahasa Indonesia Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, V(2); I(3)

. Rizky Dezricha Fannie, Rohati (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, V(8); I(1)

. Zaimul Um (2018). Teknik Penilaian Hasil Pembelajaran. Jurnal Rausyan Fikr, V(14); I(2), 53 – 62

. Salma Hayati (2016). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (PAKEM) Menggunakan Model RASCH. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, V(16); I(2), 169 – 179

. Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta

. Afifatu Rohmawati (2015). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Usia Dini, V(9); I(1), 15 – 32

. Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu, konsep, strategis, dan implementasi kurikulum KTSP. Jakarta. Bumi Aksara

. Purwanto. 2016. Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

. Sudjana, nana.2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya

. Bambang Supomo dan Nur Indriantoro, 2014, Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan. Kedua, Yogyakara; Penerbit BFEE UG


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.