stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA | . | Prosiding Conference on Research and Community Services

IDENTIFIKASI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Sugianto ., Edy Setiyo Utomo

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal kontekstual berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan literasi numerasi, tentang Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode tes dan wawancara. Penelitian ini tidak menggunakan pengumpulan sampel, tetapi dengan mengidentifikasi semua subjek berdasarkan aspek mengestimasi, menghitung, membandingkan, menyusun pola, menalar dan merepresentasikan informasi. Data dianalisis berdasarkan tahapan indikator literasi. Analisis data dilakukan berdasarkan tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari 30 subjek dikelompokkan menjadi 2 kemampuan matematika tinggi sebanyak 10% dan kemampuan matematika rendah sebanyak 90%. Hasil analisis data kemampuan literasi numerasi peserta didik Terlihat subjek dengan kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan soal dengan benar sedangkan subjek dengan tingkat kemampuan matematika rendah belum mampu menyelesaikan soal literasi numerasi dengan benar. Sehingga dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa mempengaruhi penyelesaian soal literasi numerasi.

Keywords


Kemampuan lmatematika, Literasi Numerasi, Kontekstual

Full Text:

PDF

References


Allinda Hamidah. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia, 10(02), 157–162. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i02.70

Aunio, P., Korhonen, J., Ragpot, L., Törmänen, M., & Henning, E. (2021). An early numeracy intervention for first-graders at risk for mathematical learning difficulties. Early Childhood Research Quarterly, 55, 252–262. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.12.002

Brata, D. P. N., & Utomo, E. S. (2022). Comparison of Attitudes of Male learners and Women Based on Pancasila Student Profile During Limited Face-to-Face Learning. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 5(3), 753–763. https://doi.org/10.29062/edu.v5i3.344

Brata, Utomo, E. S., & Sukardi, S. (2022). The Analysis of Students’ Attitudes Construction Based on Pancasila Profile to be Integrated with Teacher’s Lesson Plan in Junior High School in Pandemic Era. Proceedings of the 2nd International Conference on Education and Technology (ICETECH 2021), 630(Icetech 2021), 313–320. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220103.045

Creswell, J. W. (1386). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.

Hartiningrum, E. S. N., Utomo, E. S., & Listyanti, N. M. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesalahan Siswa dengan Kepribadian Introvert dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 83–94. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3079

Musliman, R., Ariffin, S. R., & Din, R. (2013). Assessing Students’ Spatial Intelligence for Literacy and Numeracy Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 90(InCULT 2012), 695–701. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.07.142

Myelnawan, M., & Setyaningrum, W. (2021). Kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika berbasis HOTS. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 83–95. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.16533

Okur, M., & Bahar, H. H. (2010). Learning styles of primary education prospective mathematics teachers; states of trait-anxiety and academic success. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3632–3637. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.565

Patta, R., & Muin, A. (2021). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Gaya Kognitif. 212–217.

Utomo, E., Rahman, F., Ama Noor Fikrati, dan, Studi Pendidikan Matematika, P., PGRI Jombang Jalan Pattimura III, S., & Timur, J. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Eksplorasi Penalaran Logis Calon Guru Matematika Melalui Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Menyelesaikan Soal. 9(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Utomo, E. S., & Rahman, F. (2022). Implementasi Model CORE ( Connecting , Organizing , Reflecting , Extending ) untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa SMP Selama Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ) Terbatas. 06(02), 1935–1945.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol