KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Suliyansyah .

Abstract


Membaca salah satu dari empat keterampilan berbahasa diajarkan di sekolah. Kemampuan ini dibutuhkan untuk memahami berbagai informasi yang dibaca. Hasil PISA 2018 di kategori kemampuan membaca, Indonesia berada di peringkat ke 74 dari 79 negara. Konsisten di bawah, membawa konsekuensi kualitas pendidikan Indonesia tidak sesuai dengan standar global dan berada di bawah negara-negara lain. Tiga putaran terakhir nilai kemampuan membaca menurun dan mencapai angka terendah pada PISA 2018, 371 poin, sama dengan poin putaran pertama tahun 2000. Permasalahan siswa tentang belajar membaca sering tidak diketahui oleh guru. Siswa yang tidak lancar membaca akan kesulitan di kelas selanjutnya. Oleh sebab itu penting melakukan penelitian untuk mengetahui kesulitan belajar membaca permulaan. Tujuan penelitian mendeskripsikan masalah kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa di SD. Jenis penelitian kualitatif, metode systematic literature review. Subjek pada jurnal penelitian relevan tentang kesulitan belajar membaca permulaan. Sumber dari google scholar, kata kunci pencarian “kesulitan belajar membaca permulaan". Tahun jurnal rentang 2017-Agustus 2022. Kriteria inklusi jurnal yaitu: 1) jurnal penelitian berbahasa Indonesia yang membahas tentang kesulitan belajar membaca permulaan; 2) publikasi di jurnal terakredistasi Sinta 3, 2, dan 1; 3) subjek penelitian pada jurnal adalah siswa dan Guru kelas SD; 4) lokasi penelitian adalah SD di Indonesia. Hasil penelitian ini bahwa kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa di SD yaitu: 1) belum mengenal dan hafal setiap huruf dan kesulitan membedakan huruf, 2) pelafalan yang belum benar pada huruf vokal, konsonan, diftong, kluster, diagraf, vokal rangkap, dan konsonan rangkap, 3) belum bisa membaca suku kata, kesulitan mehubungkan huruf menjadi satu kata, kesulitan membaca kata yang memiliki lebih dari tiga suku kata, belum bisa membaca kata demi kata, belum bisa membaca kalimat, membaca tersendat-sendat, dan 4) belum mengetahui makna kata, bingung memahami kata-kata yang berakhiran huruf vokal dan diftong, dan kesulitan memahami kalimat panjang.

Keywords


kesulitan, belajar, membaca, permulaan

Full Text:

PDF

References


. Aprilia, U. I., Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index.

. Balitbang Kemendikbud. (2018). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.

. Bandur, A. (2019). Penelitian Kualitatif Studi Multi Disiplin Keilmuan dengan NVivo 12 Plus. Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta.

. Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., Altman, D. G., & The PRISMA Group. (2009). Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses: The PRISMA Statement. PLoS Medicine, 6(7), 1–6. https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1000097.

. Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Sanabil, Mataram.

. Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/907.

. Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069.

. Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 397–410. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.979.

. Suartini, N. W. P. (2022). Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(1), 141–145. https://dx.doi.org/10.23887/jear.v6i1.44635.

. Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–200. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219.

. Zubaidah, E. (2013). Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Diagnosa dan Cara Mengatasinya. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.