PENANAMAN SIKAP TOLERANSI DAN KEPEDULIAN SOSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKN PADA SISWA DI SMP NEGERI 3 MOJOAGUNG

Suminto .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai toleransi dan sikap kepedulian sosial peserta didik melalui pembelajaran mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 3 Mojoagung tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan jawaban dari fokus penelitian dengan tahap reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan Penanaman sikap toleransi melalui proses pembelajaran PPKn adalah mengintegrasikan sikap toleransi kedalam materi pembelajaran, membentuk peserta didik kedalam kelompok, memberi kesempatan peserta didik untuk menanggapi hasil pekerjaan kelompok lain, agar peserta didik terbiasa menerima dan menghargai pendapat orang lain dan mampu menerima adanya perbedaan. Selanjutnya penanaman sikap kepedulian sosial melalui proses pembelajaran PPKn adalah dengan mengintegrasikan sikap kepedulian sosial kedalam kegiatan pembelajaran, merumuskan indikator pencapaiak kompetensi yang sesuai dengan penanaman sikap kepedulian sosial dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran seperti metode ceramah dan group discussion

Keywords


Penanaman, Nilai toleransi, Sikap Kepedulian Sosial, Proses Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


. Thoha. Anis Malik. 2005, Tren Pluralisme Agama, Jakarta : Perspektif

. Muthahhari, Murtadha. 2007, Manusia dan Alam Semesta Konsepsi IslamTentang. Jagat Raya, Lentera, Jakarta

. Fuad Ihsan, 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rieneka Cipta

. Yamin. 2011. Meretas Pendidikan Toleransi Pluralisme dan Multikulturalisme Keniscayaan Peradaban. Malang: Madani Media

. Ghufron. M. Nur. 2016.Peran Kecerdasan Emosi Dalam Meningkatkan Toleransi Beragama. Jurnal Fikrah, 1 Vol. 4:

. Munawar,MA. 2003,Fiqih Hubungan Antar Agama. Jakarta: Ciputat Press,

. Rosita Endang Kusmaryani. 2011. MEMBANGUN KARAKTER KEBERAGAMAN PADA ANAK-ANAK. Disampaikan pada Seminar Nasional Pusat studi Pendidikan Anak Usia Dini “Karakter sebagai Saripati Tumbuh Kembang Anak Usia Dini”, diselenggarakan oleh Pusdi Anak Usia Dini Lemlit UNY, tanggal 26 Juli 2011

. W.A Gerungan. 2010. Psikologi Sosial. Bandung : PT Refika Aditama

. Hardati, dkk. 2015, Pendidikan Konservasi,Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama,

. Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.