PENGUATAN NILAI RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SDN KEBONTEMU
Reynaldi Firmansyah, Asmuni .
Abstract
Budaya sekolah mempengaruhi pembentukan karakter pada peserta didik. Berbagai penyimpangan karakter pada peserta didik, melalui budaya sekolah peserta didik dapat membentuk karakter melalui suatu pembiasaan di sekolah. .Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Kondisi nilai religius,(2) Kondisi budaya sekolahdan (3) Bentuk peningkatan nilai religius. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik penelitian yang dilakukan adalah melalui wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kondisi nilai religius SDN Kebontemu terdapat unsur unsur yaitu Religious practice (aspek peribadatan),Religious felling (aspek penghayatan),Religious knowledge (aspek pengetahuan),Religious effect (aspek pengamalan) (2) Kondisi budaya sekolah dengan melakukan pembiasaan, meliputi budaya senyum, salam, sapa, sopan dan santun atau 5S, do‟a bersama, hafalan, TPQ, Istigosah dan sholat dhuhur, dan (3) Bentuk peningkatan nilai religius adalah melalui keteladanan dan pembiasaan. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan manfaat antara lain (1) Bagi bapak/ibu guru dapat dijadikan motivasi untuk selalu berkembang dalam menerapkan budaya sekolah.(2) Bagi peserta didik dapat menjadi pilhan untuk selalu mengembangkan karakter religius baik dalam lingkunga sekolah atau diluar sekolah.(3) Bagi sekolah lain diharapkandapat memberikan masukan dalam mengembangkan karakter reigius peserta didik.
. Fathurrahman, Muhammad. 2015. Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan praktik konstektualisasi Pendidikan Agama di Sekolah. Yogyakarta: Kalimedia
. Indonesia. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, UU No.20 Tahun 2003. Jakarta: Sekertariat Negara. Pradana, Yudha. 2016. Pengembangan Karakter peserta didik Melalui Budaya Sekolah. Untirta
. Civic Education Journal, 2541-6693. Jalaludin. 2012. Membangun SDM Bangsa Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan | Vol. 13 No. 2 Hal. 1-14.Tersedia Pada : http://jurnal.upi.edu/file/jalaludin.pdf.
. Najib, Muhammad, Novan Ardi Wiyani dan Solichin. 2016. Manajemen Strategik Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
. Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Hal. 464-468. Tersedia Pada : https://media.neliti.com/media/publications/270930-pentingnya-pendidikan-karakterdalam-dun-f6628954.pdf.
. Sahlan, Asmaun. 2010. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Malang: UIN Maliki Press.
. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alf abeta.2. Teng, H.
Refbacks
There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services
Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)
Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia
Currently,Prosiding Conference on Research and Community Servicesis indexed by: