stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN NONFORMAL | Bisyaroh | Prosiding Conference on Research and Community Services

STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN NONFORMAL

Ziadatul Bisyaroh, Diah Puji Nali Brata

Abstract


Strategi Guru dalam pembelajaran di pendidikan nonformal merupakan suatu cara yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Pendidikan non formal merupakan jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kondisi pendidikan non formal; (2) strategi guru dalam pembelajaran di pendidikan nonformal; (3) faktor penghambat kegiatan pembelajaran nonformal; dan (4) faktor penunjang kegiatan nonformal. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh oleh peneliti yaitu: (1) kondisi pendidikan non formal di PAUD di Desa Wringinpitu cukup baik, dengan terdapatnya 6 PAUD di desa Wringinpitu. Kondisi gedung yang layak untuk ditempati dalam proses pembelajaran, serta kondisi tenaga pendidik yang representatif; (2) Strategi pemebelajaran yang digunakan guru PAUD di Desa Wringinpitu adalah strategi pembelajaran langsung dan berkelompok. Strategi pembelajaran langsung peserta didik diajak untuk mewarnai, menggunting, menggambar, dan menghitung angka. Strategi pembelajaran berkelompok peserta didik diajarkan bermain dan belajar dengan teman sebangku, bersosialisasi dengan teman-teman dan lingkungan sekitar; (3) faktor penghambat kegiatan pembelajaran nonformal adalah kurangnya minat peserta didik, kurangnya tenaga pendidik, dan lingkungan yang kurang kondusif; (4) faktor penunjang kegiatan pembelajaran nonformal adalah media pembelajaran dan guru-guru yang inovatif.

Keywords


Strategi Guru, Pembelajaran, Pendidikan Non Formal

Full Text:

PDF

References


. Siskawati. R Bakari, 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Madrasah Aliyah Molowahu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo (Online), (https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221410080/ ).

. Zacky, 2020. Pengertian Pendidikan Definisi, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya. (Online), (https://www.zonareferensi.com/pengertian-pendidikan/).

. Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Online), (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003) Diakses pada tanggal 21 Maret 2022 pada pukul 02.15

. MS Hiryanto, 2009. Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Nonformal dalam ...(Online), (http://staffnew.uny.ac.id/upload/132049754/pengabdian/artikel-ppm-peningkatan-kualitas-manusia-melalui-pnf.pdf). Diakses pada tanggal 5 Juli 2022 pada pukul 22.15.

. Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset

. Sugiono, 2017. Metodologi Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

. Nurul Maziyatul Hasanah. 2019. Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal (Studi Kasus di PAUD Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta). (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/293853-penyelenggaraan-jalur-pendidikan-formal-3d292782.pdf). Diakses pada tanggal 18 Juli 2022

. Nuraeni, 2014. Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/269509-strategi-pembelajaran-untuk-anak-usia-di-c34ee18f.pdf).

. Abdulatif, Muhammad (2015) Strategi Ustadz Dalam Membentuk Aklhak Santri Di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum Ii Notorejo Gondang Tulungagung. (Online), (http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1896/13/BAB%20II.pdf).

. Nia Hanik Khofifah, 151310003405 (2020) Strategi Guru Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Yanbu’a Di Tpq Hidayatush Shibyan Pengkol Jepara. Skripsi thesis, UNISNU Jepara. (Online), (http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/991/3/3.%20151310003405_BAB%20II.pdf).

. Siti Maesaroh, 201. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. (Online), (https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/536/479).

. Mu’min, Mu’min (2016) Analisis Konsep Guru Mismatch (Studi Kasus Di Mi Se-Kecamatan Gembong Kabupaten Pati). Masters thesis, STAIN Kudus. (Online) (http://eprints.stainkudus.ac.id/70/5/5.%20Bab%202.pdf).

. Zulkarnai, 2017. problematika lembaga paud memenuhi kebutuhan tenaga pendidik. ( Online), (https://obsesi.or.id).

. Ariyanti, 2017. Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. (Online), (core.ac.uk/download/pdf/230710337.pdf)

. Akbar, Reza Rizki Ali (2018) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung. (Online), (http://repository.radenintan.ac.id/3618/4/14%20BAB%20II%20reza.pdf).

. Yuza Hauda Mauladani, 2022. Menjadi Guru Kreatif, Inovatif, Dan Inspiratif(Online), (https://osf.io/u54tb/download/?format=pdf).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol