stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR | Pristiwi | Prosiding Conference on Research and Community Services

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Filolya Ika Pristiwi, Rifa Nurmilah

Abstract


Kemampuan komunikasi matematis siswa berkembang tidak hanya dipengarui oleh siswa itu sendiri, namun juga adanya faktor gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek penelitian sebanyak 3 siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri Ploso dengan nilai tertinggi dari masing-masing gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi instrumen utama adalah peneliti dan instrument pendukung berupa lembar angket, lembar tes kemampuan komunikasi matematis, dan lembar wawancara. Pengecekan keabsahan data penelitian dilakukan dengan triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, tampilan data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan indikator kemampuan komunikasi matematis tertulis dan lisan dalam menyelesaikan soal cerita yaitu (1) Memahami, mengintepretasi, dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan dan tulisan. (2) Mengekspresikan ide-ide matematika baik lisan maupun tertulis. (3) Kemampuan dalam menggunakan istilah-istilah notasi matematika dan strukturnya untuk merepresentasikan ide, menggambarkan hubungan dengan model situasi. (4) Menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika baik secara lisan dan tulisan. Subjek dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi matematis yang seimbang antara kemampuan komunikasi tertulis dan lisan. Sedangkan subjek dengan gaya belajar auditori dan subjek dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan komunikasi matematis yang lebih menonjol pada kemampuan komunikasi lisan

Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematis, Soal Cerita, Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


. Rusman. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta, Indonesia: Kencana.

. Kadir, S. P. (2008). Kemampuan Komunikasi Matematik dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran Matematika. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 339-350).

. Ulfa. 2015. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Siswa Kelas VII A MTS Darul Faizin Assalafiyah Catakgayam Mojowarno Jombang Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Inkuiri. Skripsi: STKIP PGRI Jombang.

. National Cauncil of Teacher of Mathematics. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

. Hendriana, B., Waluya, B., Rochmad, R., & Mulyono, M. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Honey dan Mumford. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 147-152).

. Priyatna Andri. 2013. Pahamai Gaya Belajar Anak! Memaksimalkan Potensi Anak Dengan Modifikasi Gaya Belajar. Jakarta, Indonesia: Gramedia.

. Nurjaman. 2020. Peningkatan Kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran pendidikan agama islam melalui implementasi desain pembelajaran ässure, Jawa Barat: CV. Adanu Abimata)

. Tampomas Husein. (2003). Sukses Ulangan Dan Ujian Persamaan Kuadrat Pertidaksamaan. Jakarta, Indonesia: PT Grasindo.

. Wulandari, S., Mirza, A., & Sayu, S. (2014). Kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar pada SMA Negeri 10 pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 3(9), 3-10.

. Nayan. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Skripsi. UIN Suska Riau. (Online ) (http://repository.uin-suska.ac.id/38002/), diakses 23 April 2022.

. Moleong. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Satori & Komaria. 2011, Metodologi Penelitian Kualitatif: Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol