EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA SENI BELA DIRI KARATE

Mario Gunawan, Abd. Rozak

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas fundamental matematis yang terdapat pada Kata Gankaku. Subyek pada penelitian ini yaitu atlet Karate Jombang. Instrumen data utama yaitu peneliti sendiri. Instrumen data pendukung yaitu dokumentasi, wawancara. Hasil dari penelitian ini dianalisis dengan aspek fundamental matematis menunjukkan bahwa subyek yang diteliti telah melakukan semua indikator, yaitu aktivitas counting subyek melakukan aktivitas antara lain aktivitas mencacah jumlah gerakan Kata Gankaku, aktivitas penjumlahan atribut Karate-Gi, untuk menghitung matras digunakan operasi perkalian. Aktivitas measuring, subyek melakukan aktivitas antara lain adanya sudut yang terbentuk dari tangan, kaki, dan badan pada gerakan Kata Gankaku, adanya rotasi untuk melakukan gerakan berputar, perhitungan luas tatami dengan rumus luas persegi, pengukuran besar bedge Forki dan Inkanas dengan rumus luas dan keliling pada segi lima dan lingkaran. Aktivitas designing subyek melakukan aktivitas antara lain pola lantai pada Kata beregu membentuk segitiga, embusen Kata Gankaku membentuk garis lurus, adanya konsep bidang datar yaitu segi lima pada bedge Forki, persegi panjang pada sabuk Karate, lingkaran pada bedge Inkanas, dan persegi pada tatami. Aktivitas playing subyek melakukan aktivitas antara lain adanya cara  melakukan gerakan berputar yaitu dengan mengambil sudut  dilanjutkan dengan berputar sebesar , terdapat unsur matematika yaitu jumlah matras yang digunakan yaitu 100 buah matras. Aktivitas explaning subyek melakukan aktivitas antara lain terdapat 44 gerakan dari rangkaian Kata Gankaku, terdapat makna dari pembentukan sudut sebesar  pada gerakan manji uke, pola garis yang membentuk garis lurus, adanya bidang datar pada bedge Forki dan Inkanas, sabuk Karate, dan tatami.

Keywords


etnomatematika, Karate, aktivitas fundamental matematis

Full Text:

PDF

References


. Abdullah, A. A. (2016, November 16). Peran Guru Dalam Mentransformasikan Pembelajaran Berbasis Budaya. 640-652. Dipetik Oktober 25, 2021.

. Syahrial, M. (2020). Buku Jago Bela DIri. (A. Ami, Penyunt.) Tangerang. Dipetik Oktober 10, 2021.

. Prayitno, K. (2010). KARATE KATA (Vol. 3). Jombang: K-MEDIA. Dipetik Desember 1, 2021.

. Wicaksono, R. W., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerakan Pukulan Seni Pencak Silat Kepulauan Riau. Kiprah, 8(1), 1-11. Dipetik November 17, 2021

. Sugiyono. (t.thn.). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.