ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI MATRIKS BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Wina Rosalita, Oemi Noer Qomariyah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis pada materi matriks berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA PGRI 1 Jombang sebanyak 3 peserta didik, masing-masing berkemampuan matematika tinggi,  sedang dan rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara dengan instrument utama peneliti sendiri dan instrument pendukung berupa lembar tes kemampuan matematika, tes kemampuan berpikir kritis tertulis dan pedoman wawancara. Pengecekan keabsahan data penelitian dilakukan dengan triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika memenuhi semua indikator yaitu mampu merumuskan masalah dan mengungkap fakta yang dibutuhkan, mampu memilih argumen yang logis, mampu mendeteksi bias berdasarkan sudut pandang yang berbeda tetapi belum mampu menyelesaikan langkah-langkahnya, dan mampu menentukan akibat dari suatu pernyataan yang diambil. Siswa berkemampuan matematika sedang mampu memenuhi empat indicator yaitu merumuskan masalah dan mengungkap fakta yang dibutuhkan tetapi kurang teliti dalam proses penyelesaian, mampu memilih argumen yang logis, belum mampu mendeteksi bias berdasarkan sudut pandang yang berbeda, dan mampu menentukan akibat dari suatu pernyataan yang diambil. Siswa berkemampuan rendah hanya mampu memenuhi satu indikator berpikir kritis yaitu mampu menyajikan informasi yang diketahui dan diminta pada soal secara benar

Keywords


kemampuan berpikir kritis, materi matriks, kemampuan matematika

Full Text:

PDF

References


Suryadi Ahmad. (2005). (2005) Evaluasi pembelajan (jilid II). Jakarta, Indonesia: CV Jejak Publisher

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. 2018. Analisis Keterampilan Bepikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, (Online), Vol.35 No.1. (https://journal.unnes.ac.id, diakses 06 Februari 2021

Mustaji. (2009) Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Dalam Pembelajaran Disekolah. Jakarta: Rajawali Perss.

Hidayat,. dkk, 2018; Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Journal Pembelajaran matematika Inovatif . Volume 1 no. 3 Mei 2018

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2004. Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpadu Dengan Model Wallas Dan Creative Problem Solving (CPS) Di SMP NEGERI 4 Dan SMP NEGERI 26 Surabaya. (Buletin Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2)

A. Setyowati, B.Subali, Mosik, 2011. Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol. 07 No.1Hal.89-96000) Yogyakarta FKIE IKIP

Qomariyah, UN. Dan Dinarti.S. 2021. Proses Berpikir Statistis Siswa Sekolah Dasar Bergaya Kognitif Field Independent. Jurnal Inspiramatika Volume 7 no 1 Juni 2021 Vol 7 No 1 (2021): Inspiramatika, June 2021 | INSPIRAMATIKA (unisda.ac.id)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.