KETOKOHAN MOHAMMAD HATTA DALAM PERSPEKTIF HISTORI-POLITIK

Febi Agustina, Kustomo .

Abstract


Kepemimpinan suatu negara menentukan keberhasilan dalam menggapai cita-cita dan tujuan bangsa. Kepemimpinan merupakan seni untuk mengendalikan tindakan seseorang untuk mencapai suatu tujuan yang disetujui bersama. Ketidakberlangsungan kepemimpinan yang baik menjadi masalah bagi bangsa dan negara. Banyaknya kasus-kasus pelanggaran hukum baik berupa ketidakjujuran maupun ketidakdisiplinan para pemimpin menandakan bangsa Indonesia dalam keadaan krisis kepemimpinan. Oleh karena itu, dibutuhkan sosok tokoh sebagai suatu solusi. Sosok tokoh tersebut adalah Mohammad Hatta. Para pemimpin saat ini perlu meneladani sikap Mohammad Hatta terlebih dibidang politik. Metode penelitian yang digunakan adalah kepustakaan dengan tahap lanjutan berupa analisis dan penyimpulan data secara generalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis politik sebagai seni mengelola pemerintahan pada sosok Bung Hatta; dan (2) Menganalisis politik sebagai konflik pada sosok Bung Hatta. Selanjutnya, hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Politik sebagai seni mengelola pemerintahan pada sosok Bung Hatta kaitannya dengan kewenangan Bung Hatta yang selalu ditujukan untuk kemerdekaan bangsa dan kemakmuran masyarakat; dan (2) Politik sebagai konflik pada sosok Bung Hatta ditujukan untuk mempertahakan keutuhan bangsa Indonesia dan menjadikannya sebagai bangsa yang demokratis

Keywords


Mohammad Hatta, Pemimpin, Politik

Full Text:

PDF

References


Alfarizi, Salman. (2020). Mohammad Hatta: Biografi Singkat (1902-1980). Yogyakarta: Garasi.

Dermawan, Ikhsan. (2015). Mengenal Ilmu Politik. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Fathoni, Ahmad., dkk. (2021). Nilai Karakter Kepedulian Sosial Tokoh Mohammad Hatta. Jurnal Sejarah & Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Jambi, (Online), 1(1): 44-58, (https://Online-journal.unja.ac.id/jejak/article/download/13273/), diunduh pada 28 Maret 2022.

Hamzah, Amir. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Hatta, Mohammad. (1982). Mohammad Hatta Memoir. Jakarta: Tintamas Indonesia.

Hutahean, Wendy S., dan Yayuk Umaya (ed). (2021). Pengantar Kepemimpinan. Malang: Ahlimedia Press. Dari Z-Library, (Online), (https://en.id1lib.org/book/18521453/c64d5), diunduh pada 18 April 2022.

Maharani, Tsarina., dan Krisiandi (ed). (2020). 2 Menteri Tersangka Korupsi, Presiden Diminta Segera Resuffle Kabinet. (Online), (https://nasional.kompas.com/read/2020/12/08/15204641/2-menteri-tersangka-korupsi-presiden-diminta-segera-resuffle-kabinet), diakses pada 17 Mei 2022.

Muhibbudin, Muhammad. (2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.