KESANTUNAN IMPERATIF GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA CHANNEL YOUTUBE SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

Surotin ., Fitri Resti Wahyuniarti

Abstract


Penelitian dengan judul Kesantunan Imperatif Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Channel Youtube SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kesantunan pragmatik imperatif guru Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah Condongcatur pada saat pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan kajian pragmatik karena berusaha untuk menelaah makna yang diungkapkan penutur kepada pendengar sesuai dengan konteks. Penelitian ini juga mengkaji kesantunan pragmatik imperatif yang terdapat pada konstruksi deklaratif dan interogatif, dimana pada konstruksi tersebut nilai kesantunan tuturan imperatif sangat tinggi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah ujaran guru bahasa Indonesia yang mengandung kesantunan imperatif berupa tuturan deklaratif dan interogatif. Sumber data penelitian ini adalah channel youtube SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Pengumpulan data dengan cara mengunduh link channel youtube, melakukan transkip data, pemberian tanda, serta pengkodean. Analisis data yang digunakan peneliti pada penelitian ini dengan cara klasifikasi data, analisis data, dan menyimpulkan data hasil analisis. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa tuturan imperatif guru bahasa Indonesia SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta kepada siswa pada saat kegiatan pembelajaran daring menghasilkan kesantunan yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari data penelitian yang ditemukan peneliti pada tuturan imperatif dalam konstruksi deklaratif dan interogatif. Pada tuturan deklaratif ditemukan kesantunan imperatif menyatakan suruhan, ajakan, permohonan, persilaan, dan larangan. Selanjutnya pada tuturan interogatif ditemukan kesantunan imperatif yang menyatakan perintah, ajakan, permohonan, persilaan, dan larangan.


Keywords


Pragmatik, kesantunan pragmatik imperatif, pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


. Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

. Djajasudarma, Fatimah. (1994). Wacana Pemahaman dan Hubungan Antar Unsur. Bandung: Eresko.

. Muis, Andi Abdul dan Sri Amaliah Pitra. 2021. Peranan Internet Sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta didik Kelas XI di SMA Muhammadiyah Parepare. Jurnal Al-Ibrah,Volume X Nomor 01 Maret 2021 hlm. 189-222 (https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrahdiakses pada 08 Maret 2022 pukul 09.50)

. Nababab, P. (1987). Ilmu Pragmatik. Jakarta: Depdikbud.

. Rahardi, R. Kunjara. (2005). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

. [6] Rohmadi, Muhammad. (2004). Pragmatik Teori dan Analisis. Yogyakarta: Lingkar Media.

. Sianipar. A.P. (2013). Pemanfaatan Youtube di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW, 2(3), 1-10 (https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/9930/4418 diakses pada 08 Maret 2022 pukul 09.00)

. Wijana, I. (1996). Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.