stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PELATIHAN METODE LOCAL WISDOM GAME UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI RAM ARIF RAHMAN | Chotimah | Prosiding Conference on Research and Community Services

PELATIHAN METODE LOCAL WISDOM GAME UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI RAM ARIF RAHMAN

Ima Chusnul Chotimah, Ivon Ambarsari

Abstract


RAM Arif Rahman adalah salah satu lembaga pendidikan anak usia dini di tingkat Taman Kanak-Kanak. Sekolah tersebut memiliki tenaga pengajar yang profesional, terbukti dari 9 tenaga pengajar terdapat 4 yang sudah tersertifikasi. Ketersediaan sarana prasarana juga cukup memadai, baik dalam bentuk media pembelajaran, ruang kelas, dan ruang bermain. Namun, terdapat beberapa masalah pada sekolah tersebut, diantaranya: belum terlaksananya materi Bahasa Inggris dan penerapan metode pembelajarannya. Siswa kurang memahami kosa kata dalam Bahasa Inggris, hal tersebut disebabkan karena kosakata yang ada memiliki perbedaan cara baca dan penulisannya. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran cenderung pasif dan kurang bersemangat. Guru masih minim referensi terkait metode pembelajaran Bahasa Inggris. Sehingga diperlukan referensi yang mendukung tentang metode pembelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan pelatihan ini kami lakukan secara offline yang bertempat di RAM Arif Rahman. Kegiatan tersebut dibagi dalam 4 tahapan, yaitu: Pretest, Penyampaian teori, Pelaksanaan Praktik, dan Posttest. Terdapat tiga permainan traditional (Local Wisdom Game) yang dilatihkan kepada peserta dan dihubungkan dengan materi dasar Bahasa Inggris untuk anak usia dini. Permainan tersebut diantaranya:Permainan Ular Naga untuk mengajar materi Alphabet,Permaian Engklek untuk mengajar materi Fruits,Permainan Lompat Tali untuk mengajar materi Parts of Body. Hasil posttest menunjukkan bahwa peserta antusias dan dapat memahami dengan baik materi yang telah diberikan. Peserta akan mengaplikasikan metode tersebut pada kegiatan pembelajaran.

Keywords


local wisdom game, RAM Arif Rahman, pembelajaran bahasa inggris

Full Text:

PDF

References


. Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional dalam membentuk Karakter Anak Uusia Ddini. Sosial Budaya, 9(1), 121-136.

. Kemendikbud. (2020). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Modul1). Jakarta: Direktorat Guru dan tenaga Kependidikan Pendidikan Anak usia Dini.

. Yamin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 82–97. ISSN: 2337-9227


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol