stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PELATIHAN QUIZZIZ UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA DAN SAIN BERBASIS ICT DI MA SALAFIYAH SYAFI’IYAH SEBLAK JOMBANG | Sholikhah | Prosiding Conference on Research and Community Services

PELATIHAN QUIZZIZ UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA DAN SAIN BERBASIS ICT DI MA SALAFIYAH SYAFI’IYAH SEBLAK JOMBANG

Masriatus Sholikhah, Aang Fatihul Islam

Abstract


Program Pengabdian ini dilaksanakan di MA salafiyah Syafi’iyah Seblak yang terletak di Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa sekolah ini memiliki sedikitnya 3 masalah yakni; 1) Tidak semua guru menyadari pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam kelas sehingga sedikit dari mereka yang memanfaatkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran, 2) Kebanyakan dari media yang diaplikasikan dalam proses pembelajaran berkutat pada media non IT, 3) Belum ada pelatihan penggunaan medua pembelajaran berbasis IT terutama dalam hal pemanfaatan augmented reality dan online web di sekolah. Untuk itu, program ini dilaksanakan untuk memberi solusi pada permasalahan tersebut dengan cara memberi pelatihan dan pendampingan pemanfaatan media pembelajaran berupa Quizziz bagi para dewan guru terutama yang mengampu mata pelajaran bidang Bahasa dan Sain. Metode pelaksanaan dilakukan dalam beberapa tahapan sebagai berikut: 1) Tahap Perencanaan yang meliputi (observasi, perizinan, menentukan waktu pelatihan, dan penyusunan bahan pelatihan), 2) tahap pelaksanaan yang meliputi (tahapan pelatihan kognitif dan  tahapan pelatihan skill) dan 3) tahap evaluasi standart kreteria keberhasilan yang harus dicapai oleh peserta pelatihan minimal 75% untuk aspek pengetahuan (cognitif) dan peserta mampu membuat dan mempraktekan media pembelajaran quizziz sebesar 80 %.  Program ini berjalan dengan sangat lancar dan melibatkan 15 orang peserta guru pengampu mata pelajaran sain dan bahasa sesuai dengan jurusan yang ada di sekolah tersebut. Pada akhir sesi pelatihan, baik kepala sekolah maupun ketua yayasan berkeingingan untuk melanjutkan program pelatihan media pembelajaran dengan menggunakan quizizz pada mata pelajaran lain.berdasarkan temuan tersebut, penting bagi tim abdimas untuk melakukan program pelatihan ini dan menindaklanjuti keinginan mitra pada program lanjutan.

Keywords


Media Pembelajaran, Quizziz, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


. Eady, M. J. & Lockyer, L. (2013). Tools for learning: Technology and teaching strategies. learning to teach in the primary school. Queensland University of Technology. Australia. pp . 71

. Fatirul, Ach. Noor dan Walujo, Djoko Adi. (2018). Paradigma pembelajaran online mudah akses dengan aplikasi smartphone berbasis Hybried course. SNHRP - 1 Tema: (Inovasi, Teknologi dan Pendidikan Guna Mewujudkan Indonesia Sejahtera di Era Industrialisasi 4.0), 21 Desember 2018, P. 339-350.

. Fatmasari, Fitria Hansyah dan Asamul, Rina.(2018). Pengatuh pembelajaran WEB online terhadap aktivitas belajar siswa pada SMK Negeri 8 Surabaya. SNHRP - 1 Tema: (Inovasi, Teknologi dan Pendidikan Guna Mewujudkan Indonesia Sejahtera di Era Industrialisasi 4.0), 21 Desember 2018, P. 31-36.

. Klopfer, E., Osterweil., Groff, J., Haas, J. (2009) Using the technology of Today in the Classroom Today. The Education Arcade. Massachusetts Institute of Technology.

. Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup Biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 06(No. 01), 1–7.

. Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29-39. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/index

. Rini, Chandra Setia.(2018). Peningkatan hasil belajar komputer dan jaringan dasar menggunakan media pembelajaran game interaktif Kahoot! pada peserta didik kelas X TKJ1 SMK Negeri 1 Gempol. SNHRP - 1 Tema: (Inovasi, Teknologi dan Pendidikan Guna Mewujudkan Indonesia Sejahtera di Era Industrialisasi 4.0), 21 Desember 2018, P. 16-26.

. Stošić, Lazar. (2015). The Importance of Educatioanl Technology in Teaching. (IJCRSEE) International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education Vol. 3, No.1, 2015. p. 111-114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol